Ira: Pernah Alami Kekerasan Demi Entaskan PSK

Ira Stephani Rawung

BANYUWANGI (suarakawan.com) – Masalah sosial penyakit masyarakat (Pekat) seperti permasalahan Pekerja Seks Komersial di Banyuwangi kian hari semakin memprihatinkan.

Atas keprihatinan ini membuat masyarakat individu maupun kelompok masyarakat, seperti yang dilakukan Ir. Ira Stephani Rawung MM (45), mendirikan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bunga Lestari. LSM ini  melakukan pendampingan maslah perempuan dan anak.

“Fokus kita adalah kepedulian sosial yakni pemberdayaan PSK untuk mengentas mereka dari lembah hitam prostitusi,” katanya, Minggu (17/07).

Ira melanjutkan, jumlah wilayah lokalisasi yang LSM-nya garap sebanyak 17 lokalisasi di Banyuwangi dan semua pembiayaan aktifitas LSM yang dipimpinnya berasal dari swadana.

“Kami harap peran pemerintah agar lebih, Untunglah akhir-akhir ini peran pemkab Banyuwangi sangat kooperatif,” cetus Ira.

Kami, lanjut Ira, sudah berhasil mengentas PSK sebanyak 20 orang dari 17 lokalisasi dan kami beri keterampilan dan keahlian untuk menghidupi mereka.

Tantangan untuk memberikan jalan baik bagi seseorang itu sangat terjal. Dirinya mengaku mempunyai pengalaman diteror oleh Ormas-ormas yang kurang setuju dengan langkahnya.

“Sampai-sampai kekerasan fisik mas pernah kami alami demi mengubah kehidupan PSK itu kearah yang lebih baik,” urainya singkat.(iza/Jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *