Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Inilah Tiga Negara yang Dianggap Ancaman Terbesar Indonesia

15 Nov 2017 // 20:33 // EKONOMI, HEADLINE

China-Tidak-Akan-Campuri-Urusan-Indonesia

JAKARTA (suarakawan.com) – Lembaga Media Survei Nasional (Median) menyatakan terdapat tiga negara peringkat teratas yang dinilai publik sebagai ancaman terbesar bagi Indonesia yakni Tiongkok, Amerika Serikat, dan Malaysia.

Berdasarkan siaran pers di Jakarta, Rabu (15/11), terkait hasil survei yang dilakukan Median terhadap 1.000 responden yang masuk kategori pemilih, di seluruh Indonesia pada 14-22 September 2017, publik menilai ancaman dari negara-negara tersebut datang baik dari segi dominasi ekonomi maupun militer dan budaya.

Sebanyak 22,7 persen responden menyatakan Tiongkok sebagai negara paling mengancam karena dari segi ekonomi sangat mendominasi pasar tanah air. Selain itu produk-produk asal negeri Tirai Bambu juga dinilai menguasai pasar di Tanah Air.

Sementara itu di posisi kedua 14,1 persen responden menyebut Amerika Serikat mengancam Indonesia lantaran mendominasi dari segi militer serta kerap mencampuri urusan negara lain.

Pada urutan ketiga 7,8 persen responden memilih Malaysia yang dinilai kerap mengklaim budaya Indonesia sebagai budayanya, dan sering bersengketa soal perbatasan dengan Indonesia.

Secara keseluruhan terdapat sedikitnya 11 negara yang dinilai publik mengancam Indonesia. Mereka secara berturut-turut yakni Tiongkok 22,7 persen, Amerika Serikat 14,1 persen, Malaysia 7,8 persen, Israel 3,2 persen, Myanmar 1,7 persen, Korea Utara 1,7 persen, Singapura 1,2 persen, Australia 1,2 persen, Belanda 1,0 persen, Jepang 0,5 persen, Rusia 0,2 persen dan tidak menjawab 44,6 persen.(bs/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda


  • Terkini