Inilah Tiga Kunci Sukses Bagi Pelaku UKM

umkm

JAKARTA (suarakawan.com) – Sektor usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia terus menunjukan pertumbuhan yang signifikan. Sayangnya, seiring dengan pertumbuhan tersebut, tidak sedikit pula UKM yang menurun bahkan gulung tikar akibat berbagai indikasi.

“Mulai awal tahun ini, banyak permintaan kepada kami untuk memberikan pelatihan serta pendampingan kepada pelaku UKM, setelah sejak 2009 lebih banyak bermain di corporate atau perusahaan-perusahan besar,” ujar President dan Master Trainer Human Plus Institute, Armala, di Jakarta, Sabtu (30/9).

Menurutnya, banyak pelaku UKM yang memiliki semangat bisnis luar biasa tinggi. Hanya saja, lanjut Armala, sangat disayangkan banyak diantara mereka yang kurang memahami tentang esensi bisnis yang sebenarnya.

“Tidak sedikit dari mereka yang melupakan mengenai struktur bisnis itu sendiri,” jelas pria yang memiliki Certified Behaviour Change Specialist dan Certified Productivity Specialist dari Association of Productivity Specialist (APS) di New York, Amerika Serikat (AS) ini.

Salah satu sesi pelatihan Human Plus Institute

Lebih lanjut, Armala menjelaskan, riset yang dilakukan oleh sebuah Universitas di AS menyatakan, 40 persen pelaku UKM harus gulung tikar sebelum satu tahun, 40 persen lainnya hanya bertahan dibawah 5 tahun, dan hanya 20 persen yang mampu survive atau bertahan.

“Pada dasarnya, ada tiga hal yang harus menjadi perhatian pelaku usaha yakni, sistem yang dibuat, standarisasi produk, serta orang atau sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki,” paparnya.

Terkait hal tersebut, kata Armala, Human Plus Institute melakukan terobosan sebagai konsultan bisnis, dengan mengadakan pendampingan dalam melakukan programnya kepada perusahaan yang ingin bekerja sama dalam pengembangan perusahaan secara nyata.

“Dalam hal ini, kami mencoba mengubah pola pikir mereka. Bisa dikatakan, mindset dalam membentuk struktur bisnis telah dimulai sejak masih kecil. Dengan kata lain, membangun bisnis harus disertai struktur yang jelas sejak dari awal,” pungkasnya.(bs/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Inilah Tiga Kunci Sukses Bagi Pelaku UKM"