Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Ini Jurusan Paling Diminati Peserta SBMPTN 2017

13 Jun 2017 // 15:36 // HEADLINE, PENDIDIKAN

sbmptn

JAKARTA (suarakawan.com) – Manajemen dan Akuntansi menjadi program studi paling diminati peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun ini.

Selain kedua program studi itu, lainnya ada Ilmu Hukum, Pendidikan Dokter, Teknik Sipil, Ilmu Komunikasi, Teknologi Informasi, Psikologi, Farmasi, dan Agribisnis.

Data tersebut dirilis Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, pada Senin (12/6). Tahun ini, ada 148.066 peserta yang lulus SBMPTN, dari 797.738 peserta yang ikut ujian.

SBMPTN merupakan tahap kedua dari proses penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri, setelah sebelumnya telah dilakukan tahap pertama melalui SNMPTN. Tahun ini terjadi peningkatan jumlah peserta SBMPTN dan jumlah peserta yang diterima di PTN. Total pendaftar SBMPTN 2017 adalah 797.738, lebih tinggi dari tahun 2016 sebanyak 721.326 pendaftar.

Dari data tersebut diketahui terjadi perubahan akan minat prodi yang dipilih oleh peserta ujian SBMPTN. Untuk program studi yang diminati tahun lalu, Akuntansi berada di urutan ke-empat, sementara Manajemen berada di urutan ke-enam. Urutan teratas prodi yang diminati ada setelah Kedokteran (1), Farmasi (2), Teknik (3), dan Pendidikan (5).

Selain merilis prodi paling diminati, Kemenristek juga mengungkap daftar 10 kampus dengan nilai rataan diterima tertinggi untuk ujian Saintek dan Soshum.

Peserta dengan nilai tertinggi kelompok ujian Saintek dan Soshum diraih peserta yang diterima di Universitas Indonesia pada prodi Ilmu Komputer dan Ilmu Ekonomi. Sementara peserta dengan nilai tertinggi untuk Soshum/Bahasa diraih peserta yang diterima di prodi Ssstra Inggris, Universitas Airlangga.

Sementara, 10 PTN yang menerima SBMPTN terbanyak tahun ini, yakni sebagai berikut:
1.Universitas Brawijaya 4.176
2.Universitas Nusa Cendana 4.122
3.Universitas Negeri Padang 4.022
4.Universitas Padjajaran 4.020
5.Universitas Diponegoro 3.546
6.Universitas Udayana 3.470
7.Universitas Indonesia 3.467
8.Universitas Sumatera Utara 3.415
9.Universitas Sebelas Maret 3.351
10.Universitas Pendidikan Indonesia 3.221

(cnn/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini