Tips Untuk Menangi Lomba IT

Diaz saat berbagi tips untuk memenangkan lomba IT

SURABAYA (suarakawan.com)-Tak bisa dipungkiri, pesatnya kemajuan Teknologi Informasi (IT) baik di dunia maupun di Indonesia membuat bidang ini sangat layak untuk dilirik. Baik hanya untuk sekedar hobi ataupun menjadi profesi.

Walau hanya sekedar hobi, jika ditekuni secara serius terlebih jika lantas kemampuan itu digunakan untuk mengikuti beragam lomba IT yang digelar di Indonesia maupun dunia. Jika berhasil menjadi pemenang, maka hadiah uang belasan hingga ratusan juta rupiah pun bisa dibawa pulang.

Namun demikian, memiliki kemampuan menciptakan berbagai macam program saja tak cukup untuk menjadi sebuah pemenang lomba IT. Mau tahu bocorannya ? Berikut tips dan trick dari Diaz Hendrianto, pemenang 3 Indosat Wireles Innovation Competition 2010.

Dihadapan belasan peserta workshop SuWeC (Surabaya Web Community) yang digelar dalam rangkaian Festival Komputer Indonesia (FKI) di mall Grand City Surabaya, Sabtu (04/06), Diaz memberikan 6 tips bagi anda yang ingin menjuarai sebuah kompetisi IT.

“Tips pertama adalah memiliki motivasi yang kuat untuk jadi pemenang. Jadi kuncinya adalah memiliki mental yang kuat. Jangan cuma ikut lomba sekedar ikut-ikutan,” papar mahasiswa ITS yang sudah berhasil menjuarai berbagai macam lomba IT ini.

Langkah kedua adalah mempraktekkan ATM yaitu Amati, Tiru dan Modifikasi. Diaz menjelaskan, bahwa gam ciptaannya yaitu City Go yang menjuarai IWIC 2010 adalah hasil pengamatan dari game pacman yang dia modifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi benar-benar berbeda dan memiliki keunikan tersendiri.

“Lalu pelajari karya pemenang sebelumnya agar jangan sampai kita menciptakan karya yang ternyata sudah ada. Jangan lupa juga sesuaikan dengan tema yang ada. Misal, untuk IWIC 2011 ini temanya adalah entrepreneurship. Jadi sesuaikan karya anda dengan tema lombanya,” imbuhnya.

Yang menarik, pria bertubuh kurus ini menegaskan bahwa kompetitor atau peserta lomba yang lain bukanlah musuk peserta melainkan teman untuk meningkatkan kualitas kita.”Justru musuh terbesar dalam setiap kompetisi adalah diri kita sendiri,” tegas Diaz bak motivator.

Lantas apa jurus terakhir, Diaz yang mengaku bahwa game City go buatannya yang berbasis OS Android sudah dimainkan sekitar 24 juta orang ini menyebutkan bahwa memiliki manajemen waktu yang baik adalah yang utama dalam mengikuti sebuah lomba.

“Saya sudah membuktikan tips dan trik diatas untuk memenangkan berbagai macam lomba IT. Silahkan diikuti dan dipraktikkan,” pungkas Diaz.(nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *