Ingin Punya Perut Six Pack?, Ini Caranya!

1 komentar 28 views

SURABAYA – Memiliki tubuh yang indah adalah dambaan banyak orang. Kaum perempuan mungkin ingin memiliki lekuk tubuh seperti gitar spanyol. Namun bagi pria, memiliki tubuh berotot dan perut six pack mungkin akan menjadi daya tarik tersendiri di mata perempuan.

Perut six pack adalah suatu kondisi dimana perut seolah tersusun atas enam kotak. Sejatinya bentuk six pack tersebut terbentuk dari otot perut yang kencang dan bebas lemak. Nah, untuk mendapatkan perut six pack tersebut diperlukan latihan yang serius dan konsisten.

Mengutip WikiHow, ada dua tahap yang perlu dilalui untuk mendapatkan perut six pack. Tahap pertama adalah tahap penghancuran lemak, dilanjutkan dengan tahap pembentukan otot.

Tahap penghancuran lemak adalah tahap yang sangat penting. Lakukan tujuh hal berikut ini:

  1. Lakukan latihan kardio. Latihan ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja jantung sekaligus membakar lapisan lemak yang menumpuk di bawah kulit. Sebesar apapun otot yang Anda miliki jika masih tertimbun lemak maka tidak akan ada orang yang bisa melihatnya. Contoh latihan kardio adalah berlari, jogging, mengayuh sepeda, menari dan mendayung perahu.
  2. Kurangi porsi makan malam. Makan malam terlalu banyak bisa menghancurkan program pembakaran lemak Anda. Biasanya setelah makan malam orang tidak banyak melakukan aktifitas sehingga tidak perlu makan terlalu banyak karena hanya akan menambah tumpukan lemak Anda. Oia, jangan langsung tidur setelah makan malam. Tidurlah paling cepat 1 jam setelah makan malam.
  3. Biasakan sarapan. Mungkin Anda berasan terburu-buru pergi ke kampus atau tempat kerja. Tapi tidak sarapan bisa mengakibatkan perut Anda terasa sangat lapar lalu Anda akan makan dalam porsi lebih besar ketika siang hari. Akibatnya perut Anda akan terasa sangat penuh dan biasanya akan mengantuk, tidak aktif dan tidak produktif.
  4. Latihan  beban. Ini penting untuk menjaga massa otot. Hanya melakukan latihan kardio tanpa melakukan latihan beban bisa membuat otot Anda, termasuk otot perut, kering tidak berisi.
  5. Jaga metabolisme tubuh. Makan makanan yang tidak terlalu berat setiap tiga jam akan membantu metabolisme tubuh Anda tetap terjaga. Makanlah cukup protein sehingga tubuh tidak perlu membakar kalori yang sudah tersimpan di otot Anda.
  6. Minum air putih. Jaga tubuh Anda jangan sampai dehidrasi. Segera minum air ketika Anda merasa haus. Idealnya orang yang memiliki berat 75 kilogram meminum air setidaknya 2,2 liter per hari.
  7. Makan makanan berserat. Dalam sebuah penelitian, makan makanan berserat lebih ampuh untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di bawah kulit.

Nah, yang berikutnya adalah bagaimana cara membentuk otot Anda. Jenis-jenis latihan yang bisa Anda lakukan untuk membentuk otot perut Anda sehingga menjadi six pack sangat beragam dan beberapa diantaranya membutuhkan alat bantu. Sebaiknya Anda mengunjungi fitness center terdekat untuk mendapatkan panduan dari pelatih profesional. (wh/buo)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Ingin Punya Perut Six Pack?, Ini Caranya!"