Ingin CPNS Guru Dibuka, Ini yang Dilakukan Komisi E dan Dinas Pendidikan Jatim

SURABAYA (suarakawan.com) – Komisi E DPRD bersama Dinas Pendidikan provinsi Jatim akan mendatangi Kementerian Kemenpan- RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia) untuk meminta dibukanya kembali penerimaan CPNS untuk posisi guru.

Anggota Komisi E DPRD Jatim, Agus Dono Wibawanto ditemui usai hearing dengan Dinas Pendidikan di DPRD Jatim, Senin (29/1) mengatakan kedatangan ke kementerian Menpan RB terkait Jatim yang kekurangan guru PNS, sehingga mengakibatkan adanya penarikan guru negeri yang diperbantukan ke swasta.

“Bahkan saat ini guru PNS yang mengajar di Jatim juga mulai pensiun, oleh karena itu pihaknya meminta pemerintah pusat dibukanya kembali reqruitmen CPNS untuk posisi guru SMA-SMK. Tapi yang diutamakan guru GTT (guru tidak tetap) dengan memberi penilaian lebih, dengan begitu GTT yang sudah mengabdi hingga bertahun-tahun tidak kalah dengan CPNS yang baru,” ujar Agus Dono politisi asal Fraksi Demokrat Jatim.

Sementara itu Wakil ketua Komisi E, Suli Daim mengatakan saat ini di Jatim kekurangan guru PNS, dikarenakan para guru PNS yang saat ini akan pensiun. Untuk mengatasi masalah tersebut pihaknya meminta kepada Menpan RB untuk membuka CPNS untuk guru di Jatim.

“Kami minta kepada Menpan RB untuk membuka jatah CPNS untuk Jatim, tapi untuk selekai CPNS ini nantinya pihaknya meminta kepada pemerintah memberikan perhatian khusus kepada GTT guru yang mengabdi lama untuk menjadi PNS,” ujar Suli politisi asal Fraksi PAN Jatim ini.

Sementara itu Kadis Pendidikan Jatim, Saiful Rahman mengatakan pihaknya saat ini dalam proses pendataan kekurangan guru di jatim. Sehingga jika pemerintah pusat mensetujui maka rekrutmen dibuka sesuai kebutuhan yang ada.(aca/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ingin CPNS Guru Dibuka, Ini yang Dilakukan Komisi E dan Dinas Pendidikan Jatim"