Infrastruktur Siap, Jaringan 4,5 G XL Axiata Tinggal Tunggu Perizinan Pemerintah

(ki-ka) Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim, General Manager Sales Operation XL Axiata East Java area, Hiasinta H. Paembonan, dan Specialist Service Performance & Optimization XL Axiata, Rino Prasetiyanto dalam acara peluncuran spirit #JadiLebihBaik di Surabaya, Selasa (13/2).

SURABAYA (suarakawan.com) – Saat ini kestabilan akses layanan internet dan data yang berkualitas baik, cepat, dan stabil menjadi idaman bagi pengguna layanan data. Operator seluler XL Axiata pun siap memberikan layanan data dalam jaringan 4,5 G. Hingga saat ini infrastuktur yang tersedia sudah dinyatakan siap, hanya tinggal menunggu selesainya proses perizinan dari pemerintah. Hal ini seperti diungkapkan
Caretaker Vice President XL Axiata East Region, Mochamad Imam Mualim.

“Dari sisi infrastruktur, BTS 4G XL sudah ready untuk digunakan hingga 5 G. Tinggal menunggu perizinan dari pemerintah untuk komersialisasi,” ujarnya dalam acara peluncuran spirit #JadiLebihBaik di Surabaya, Selasa (13/2).

Aal, demikian ia karib disapa, sendiri juga masih belum bisa mentargetkan, kapan perizinan bisa diberikan pemerintah. Karena saat ini pemerintah sedang menata semua jaringan milik para operator.

“Semoga aja bisa cepat tertata dan izin bisa dikeluarkan pemerintah untuk dikomersilkan, baik untuk jaringan 4,5G maupun 5G,” tukasnya.

Sementara itu dari pembangunan tahun lalu, lanjutnya, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G.

Dikatakannya, sepanjang 2017 XL Axiata telah berhasil mencatat kinerja yang kuat dengan pendapatan dari layanan data sebagai kontributor utama. Jumlah pelanggan yang mengakses layanan data terus meningkat dan mampu mendorong kenaikan traffic layanan data hingga 2x lipat atau meningkat sebesar 148 persen (YoY).

Pembangunan jaringan data masih akan dilakukan di Jawa, terutama untuk peningkatan kualitas layanan, sedangkan prioritas dilaksanakan di luar Jawa untuk melanjutkan perluasan jaringan 4G LTE yang sudah berlangsung sejak tahun lalu. Tahun ini, XL Axiataberencana akan menambah jumlah BTS baru dengan jumlah relatif sama dengan penambahan di tahun 2017, termasuk untuk perluasan cakupan layanan 4G LTE.

Tahun 2017 yang lalu, cakupan layanan data 3G/4G LTE XL Axiata mencapai sekitar 93 persen, sementara layanan 4G mencapai 85 persen dari total populasi. Untuk pengembangan jaringan dan juga penerapan teknologi jaringan terbaru dan IT untuk memaksimalkan kualitas layanan, XL Axiata akan mengalokasikan 90 persen dari anggaran belanja modal (Capex) tahun 2018 yang sebesar sekitar Rp 7 triliun.

Dari pembangunan tahun lalu, jaringan 4G LTE XL Axiata telah menjangkau 360 kota/kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia, ditopang oleh lebih dari 17.000 BTS 4G dan hampir 46.000 BTS 3G. Dalam pembangunan jaringan data tersebut, wilayah di luar Pulau Jawa mendapatkan perhatian besar.

Dari total BTS yang dibangun sepanjang 2017, 60 persen di antaranya berada di luar Jawa. Pembangunan jaringan data di luar Jawa berhasil meningkatkan kualitas layanan dan juga perluasan wilayah layanan.(ris/rur)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Infrastruktur Siap, Jaringan 4,5 G XL Axiata Tinggal Tunggu Perizinan Pemerintah"