Indonesia Peringkat Kedua Tujuan Investasi Terbaik Dunia

JAKARTA (suarakawan.com) – Indonesia menempati urutan dua dalam daftar tujuan investasi terbaik dunia menurut situs US News yang menghimpun data dari Bank Dunia.

Dalam laporan US News yang diterbitkan Senin (5/3) kemarin, setengah dari 10 besar tujuan investasi terbaik adalah negara-negara Asia Tenggara, termasuk Filipina di urutan pertama, Malaysia (4), Singapura (5), dan Thailand (8).

Indonesia disebut sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dan menjadi anggota G20 yang merupakan kelompok negara-negara terkaya di dunia.

Penilaian dilakukan menurut skor yang diberikan oleh lebih dari 6.000 pembuat keputusan bidang bisnis dengan melihat delapan faktor yaitu tingkat korupsi, dinamika usaha, kestabilan ekonomi, kewirausahaan, lingkungan pajak yang nyaman, inovasi, tenaga kerja terlatih, dan penguasaan teknologi.

Menurut World Bank Group, ada empat hal utama yang menjadi motivasi dalam investasi di suatu negara yaitu sumber daya alam, pasar, efisiensi, dan aset-aset strategis seperti penguasaan teknologi atau brand.

Filipina, dengan populasi 103 juta jiwa dan PDB US$ 304,9 miliar, disebut sering mengalami guncangan politik namun daya tahan perekonomian negara itu makin kuat dan tumbuh dengan percepatan melampaui negara-negara lain di kawasan. Perekonomian Filipina tumbuh 6,9% tahun lalu.

Indonesia dengan populasi 261 juta jiwa memiliki PDB US$ 932,3 miliar sehingga secara per kapita PDB Indonesia jauh melampaui Filipina yaitu US$ 11.717 dibanding US$ 7.739, meskipun masih kalah dalam hal pertumbuhan ekonomi.

Berikut 20 besar tujuan investasi terbaik berdasarkan laporan US News:
1. Filipina
2. Indonesia
3. Polandia
4. Malaysia
5. Singapura
6. Australia
7. Spanyol
8. Thailand
9. India
10. Oman
11. Republik Cheska
12. Finlandia
13. Uruguay
14. Turki
15. irlandia
16. Belanda
17. Inggris
18. Brasil
19. Prancis
20. Chile

(bs/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Indonesia Peringkat Kedua Tujuan Investasi Terbaik Dunia"