Indonesia Kirim Tim Relawan ke Jepang

JAKARTA – Pemerintah Indonesia mengirimkan 11 orang relawan untuk membantu masyarakat Jepang. Selain itu pemerintah juga memberikan bantua uang tunai sebesar 2 juta dollar AS.

Demikian disampaikan Menteri Luar Negeri Indonesia Marty Natalegawa kepada wartawan dalam keterangan pers bersama Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Makiko Kikuta di Jakarta, malam ini, Rabu (16/3).

Pertemuan yang berlangsung selama satu jam itu, Marty mengaku mendengar secara langsung keterangan dari Makiko tentang situasi dan kondisi terkini di Jepang.

“Karena itulah, sangat wajar dan sangat tepat jika saat ini ketika bangsa dan rakyat Jepang menghadapi musibah, maka Indonesia dengan tanggap memberikan bantuan kepada pemerintah dan rakyat Jepang,” tutur Marty.

Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Makiko Kikuta dalam jumpa pers itu mengucapkan terima kasih banyak, bantua yang dari pemerintah Indonesia. Makiko juga menjamin bencana yang melanda negerinya tidak mengubah komitmen kerjasama antara Indonesia dalam membangun infrastruktur.

“Pemerintah Jepang berkeinginan meningkatkan kemitraan strategis dengan Indonesia, tidak akan berubah,” ujarnya.

Bahkan dalam waktu dekat akan tetap memberikan bantuan infrastruktur pembangkit listrik tenaga batu bara. Jepang juga berkomitmen membantu Indonesia dalam menciptakan iklim investasi.

Dia mengatakan Indonesia menjadi contoh bagi Jepang yang telah berhasil memulihkan ekonomi pasca gempa dan tsunami besar yang pernah terjadi Indonesia. Kerugian materi bencana dia bilang belum diperkirakan.”Jepang pasti bangkit dari bencana ini,” ujarnya. (PO-K/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *