Indonesia Kembali Jadi Anggota DK PBB, Ini Pesan Presiden Jokowi

JAKARTA (suarakawan.com) – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambut baik terpilihnya Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Dengan situasi itu, Jokowi mengatakan Indonesia akan lebih memiliki peran dalam menciptakan perdamaian dan stabilitas ketertiban dunia.

“Kita akan berperan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial,” kata Jokowi seperti dikutip dari situs setkab.go.id, Sabtu (9/6/2018).

Indonesia telah terpilih menjadi Anggota Tidak Tetap Dewan Keamanan PBB untuk Periode 2019 – 2020, setelah sukses menjaring suara yang dibutuhkan dalam voting yang dilakukan dalam Majelis Umum PBB di New York pada Jumat, 8 Juni 2018 pukul 09.00 waktu setempat.

Pemungutan suara diikuti oleh 190 negara dari total 193 anggota Majelis Umum PBB. Tiga negara tak ikut serta dalam pemungutan suara tersebut.

Syarat agar kandidat dapat terpilih dalam proses voting itu adalah harus berhasil mengumpulkan 127 suara atau dua pertiga dari anggota tetap PBB. Dan, suara yang dikumpulkan oleh kandidat harus melebih negara saingan dalam satu grup yang sama.(lp6/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Indonesia Kembali Jadi Anggota DK PBB, Ini Pesan Presiden Jokowi"