Indonesia Bangun Kerjasama Olahraga dengan Rusia

djauhari oratmanguSURABAYA (suarakawan.com) – Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun mengajak KONI Pusat untuk membangun kerjasama olahraga dengan induk olahraga Rusia. Sebab, di bidang ini Rusia memiliki prestasi yang luar biasa.

Para atletnya sering menjuarai berbagai kejuaraan tingkat dunia. Tak terkecuali pesta olahraga Olimpiade. Terakhir di Olimpiade 2012, Rusia menempati rangking empat besar.

“Kerjasama olahraga dengan Rusia ini yang sedang kita garap. KONI Pusat harus bisa memanfaatkan kerjasama itu dalam rangka meningkatkan prestasi atlet-atlet kita,” kata Djauhari kepada wartawan usai pertemuan dengan Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf di ruang kerja, Selasa (28/01).

Menurutnya, kerjasama olahraga dengan Rusia sudah dibicarakan dengan KONI Pusat tahun lalu. Tahun ini, tinggal diimplementasikan pelaksanaannya saja.

“Sudah dibahas tahun lalu dan tahun 2014 akan diimplementasikan,” ujarnya.

Bentuk kerjasama tersebut, lanjutnya, bisa dilakukan dengan berbagai cara. Misalnya, barter pelatih. Indonesia bisa mengirimkan pelatih cabang olahraga (cabor) yang memiliki prestasi dunia, seperti bulutangkis.

Dilain pihak, Rusia akan mengirimkan pelatih tenis, catur, senam, renang indah atau cabor lain yang punya prestasi dunia.

“Ini akan menarik jika dilaksanakan, karena kedua negara akan saling diuntungkan,” sergahnya.

Meski demikian, Djauhari mengaku diluar kerjasama itu, Indonesia sudah sering mengirimkan pelatih ke Rusia untuk membina atlet-atlet disana. Hasilnya, banyak atlet Rusia yang dilatih pelatih Indonesia mampu berprestasi di tingkat dunia.

“Banyak juga pelatih Rusia yang menangani atlet-atlet Indonesia. Nah, ke depan kerjasama bidang olahraga ini akan lebih dikongkritkan lagi,” tuturnya. (Bng/era)

Keterangan foto: Duta Besar Indonesia untuk Rusia, Djauhari Oratmangun. (Bng)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Indonesia Bangun Kerjasama Olahraga dengan Rusia"