INACA Menilai Pilot yang Kedapatan Nyabu Mencoreng Industri Penerbangan Tanah Air

JAKARTA (suarakawan.com) – INACA (Indonesian National Air Carrier Association) prihatin atas tertangkapnya oknum awak pesawat yang telah melakukan penyalahgunaan obat-obatan terlarang (narkoba, psikotropika, dll) beberapa waktu lalu. Menurut Inaca tertangkapnya awak pesawat yang melakukan penyalahguaan obat-obatan terlarang tersebut mengganggu image industri penerbangan Indonesia.

“Kasus tertangkapnya awak pesawat yang tertangkap melakukan penyalahguaan obat-obatan terlarang tersebut mengganggu image industri penerbangan Indonesia di tengah upaya untuk mengembalikan citra industri penerbangan Indonesia khususnya kepercayaan dunia internasional,” tegas Ketua Inaca Emirsyah Sata dalam konferensi Pers di Hotel Sultan, Jakarta, Jumat (10/02)

Emir menambahkan penyalahgunaan dan penggunaan obat–obatan terlarang oleh oknum awak pesawat tersebut bukanlah gambaran umum gaya hidup seluruh awak pesawat. Pasalnya menurut Emir Awak pesawat merupakan profesi yang menjunjung tinggi profesionalisme dan dituntut selalu berdisiplin.

“Sebagai garda terdepan yang bertanggung jawab terhadap keselamatan para penumpang, kehidupan seorang awak pesawat diatur oleh regulasi yang sangat ketat seperti jam terbang, jam istirahat, pemeriksaan kesehatan secara regular setiap enam bulan serta “recurrent simulator“,” tuturnya.

Oleh karena itu, Inaca mendesak kepada Direktur Jenderal Perhubungan Udara untuk segera mencabut Surat Tanda Kecakapan atau Lisensi atau Sertifikat Profesi bagi penerbang, awak pesawat dan personil penerbangan yang tertangkap tangan memakai ataupun mengedarkan secara tidak sah obat–obatan terlarang. Selain itu, Inaca juga meminta seluruh pihak terkait seperti Maskapai/Operator Penerbangan, Operator Bandara dan seluruh Personil di industry penerbangan agar mematuhi regulasi yang sudah diatur

“INACA meminta semua operator penerbangan maupun jasa pendukung penerbangan agar sedini mungkin melakukan pencegahan atas setiap kemungkinan (potensi) penyalahgunaan obat – obatan terlarang di lingkungan masing-masing,” tandasnya.(mad/jto)

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "INACA Menilai Pilot yang Kedapatan Nyabu Mencoreng Industri Penerbangan Tanah Air"