‘Ilir’ Sang Gajah Bersahabat Saat Dimandikan

SURABAYA (suarakawan.com) – Ilir nama Gajah Betina koleksi KBS, Gajah ini dengan santainya dan bersahabat saat dimandikan oleh puluhan orang yang tergabung dalam Masyarakat Surabaya Peduli Satwa KBS,yang terdiri dari Forum Konservasi Satwa Liar (Foksi) Jatim, Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL), perwakilan suporter Bonek, jurnalis, akademisi, profesional, seniman dan elemen masyarakat lain di Surabaya.

Aksi kepedulian terhadap satwa KBS dengan cara membantu pawang memandikan gajah di Kebun Binatang dimulai tepat pukul 10.00 Wib.

Dengan telaten mereka (peserta aksi, red) memandikan Gajah berusia 8 tahun ini denga cara menyikat badannya memakai sabut kelapa.

Menurut Anthan Warsito, Publik Relation KBS, acara ini berdampak mengakibatkan spirit baru dalam melestarikan satwa KBS. “Kita kedepannya akan mengkedepankan kebudanyaan konservasi melalui pelestarian specimen,” ujarnya, Selasa (21/01).

Anthan menjelaskan, dengan munculnya spirit konservasi ini para karyawan yang sementara ini melupakan SOP cara memandikan satwa demi keselamatan satwa, maka pihaknya sebagai kritik di KBS.

Terpisah, Teguh Ardi Srianto, Ketua KJPL mengatakan aksi ini merupakan pengalaman pertama bagi jurnalis untuk mengenal langsung dan menjadi sahabat bagi gajah.

“Gajah ialah satwa yang mempunyai memori kuat. Ia akan selalu ingat siapa saja yang menyanyanginya dan siapa yang menyakitinya,” katanya.

Sekadar diketahui, Gajah koleksi KBS berjumlah 9 ekor, dan empat ekor merupakan sumbangan dari pecinta satwa di Surabaya.(Din/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "‘Ilir’ Sang Gajah Bersahabat Saat Dimandikan"