IGI:Perlu Perubahan Pendidikan

Tidak ada komentar 9 views

guru yang tengah mengajar (ilustrasi)

JAKARTA- Pembina Ikatan Guru Indonesia Ahmad Rizali menyatakan kebangkitan mendasar bangsa ini harus dimulai dari pendidikan.

“Jika potret pendidikan tetap jeblok seperti ini, bangsa ini sulit bisa bersaing secara global. Kita memerlukan perubahan secepatnya,” tegas Ahmad Rizali dalam seminar “Potret Pendidikan Nasional” di Jakarta, Jumat (13/05) di Student Center Universitas Indonesia.

Menurut Rizali, potret pendidikan Indonesia bisa dilihat dari survei-survei lembaga internasional tentang kemampuan dasar siswa Indonesia tentang sains, matematika, dan literasi.

“Melihat hasil survei itu, potret pendidikan kita sangat terpuruk. Ironisnya, pemerintah kurang peduli terhadap hasil studi ini,” tambah Ahmad Rizali.

Hasil survei PISA misalnya menyebutkan 76,6% siswa usia SMP dinyatakan “buta” matematika. Pembelajaran matematika tidak kontekstual, sehingga pembelajaran dilakukan hanya sebatas hapalan dan rutinitas. “Perubahan mendasar yang harus segera dilakukan adalah mengubah kurikulum pendidikan.

Kurikulum sekarang tidak mengajarkan kemampuan bernalar. Ini menyedihkan,” tegasnya. Jantung pendidikan juga terletak pada kompetensi guru. “Perubahan selanjutnya adalah meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Harus ada korelasi antara sertifikasi guru dengan peningkatan kompetensinya,” tuturnya.

Akses terhadap pendidikan juga menjadi masalah krusial. Pendidikan dikapling-kapling berdasarkan kasta-kasta sosial dan kasta ekonomi. Pendidikan bermutu untuk semua yang dicita-citakan para pendiri bangsa jauh panggang dari api.

“RSBI menjadi bukti rakyat tidak bisa mengakses pendidikan karena dihalang-halangi biaya yang mahal. Pendidikan telah menjadi sangat komersial dan menjadi komoditi yang diperdagangkan. Akhirnya sekolah-sekolah publik disekat-sekat dalam kasta pendidikan dan segregasi,” terangnya.

UU Sisdiknas mengamanahkan pendidikan bermutu tanpa harus menghalangi siswa miskin mengaksesnya, tetapi pemerintah menerjemahkannya secara menyimpang.

“Perubahan pendidikan harus segera dilakukan dan tidak boleh ditunda-tunda lagi. Bangsa ini akan terus tertinggal jika akses pendidikan tetap tak terjamah oleh seluruh rakyat,” ujarnya. (nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "IGI:Perlu Perubahan Pendidikan"