Ibramsyah: Kiprah Tommy Soeharto Belum Terlihat

1 komentar 8 views

SURABAYA – Peluang Hutomo Mandala Putra atau Tommy Soeharto untuk menjadi pemimpin nasional dinilai terlalu jauh, pasalnya kiprah putra bungsu mantan Presiden Soeharto ini tidak ada.

“Terlalu jauh kalau Tommy menjadi pimpinan nasional. Kiprahnya selama ini belum kelihatan,” ujar Guru Besar Ilmu Politik dari Universitas Indonesia Profesor Dr Ibramsyah merespon tentang penilaian Pengurus Dewan Pimpinan Nasional Soksi, Kanisius Paur, bahwa Tommy punya peluang menjadi pemimpin nasional.

Sosok pemimpin nasional, menurut Ibramsyah, tidak cukup hanya dalam menghimpun suara generasi muda maupun kalangan masyarakat pedesaan. Setidaknya terdapat tujuh kriteria pemimpin nasional yang ideal untuk memimpin Indonesia ke depan.

Pertama berantas korupsi. Kedua, selalu mampu melakukan perubahan demi memenuhi kebutuhan pokok rakyatnya. Ketiga, berpihak pada mayoritas buruh tani warga kecil. Keempat, bersikap jujur dan tidak KKN serta mampu memberantas korupsi lingkungannya.

Kelima, mampu menjaga Pancasila dan ideologi bangsa. Keenam, punya rasa nasionalisme manakala berhadapan dengan negara asing. Ketujuh, melindungi produksi dalam negeri. “Terakhir baru cerdas, dan bijaksana,” ucapnya saat dihubungi suarakawan.com.

Untuk diketahui, Dewan Pimpinan Nasional Soksi menilai Tommy Soeharto punya peluang sebagai pemimpinan nasional, karena Tommy mumpuni dalam menghimpun suara generasi muda maupun kalangan masyarakat pedesaan. Munculnya peluang Tommy sebagai pemimpinan nasional, karena aspirasi rakyat merindukan masa keemasan Soeharto menjadi Presiden.(ara)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Ibramsyah: Kiprah Tommy Soeharto Belum Terlihat"