Hilderaldo Luiz Bellini Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun

pemain brasilSAO PAULO, BRASIL (suarakawan.com) –?Pemain pertama Brasil yang mengangkat Piala Dunia ketika ia menjadi kapten Selecao pada 1958, meninggal dunia di Sao Paulo.

Hilderaldo Luiz Bellini ‘tutup usia’ saat berumur??83 tahun. Hal itu dilansir media massa Brasil, Kamis (20/03).

Bellini didiagnosa menderita Alzheimer selama beberapa tahun terakhir.

Bellini memimpin tim Piala Dunia Brasil ketika itu didukung beberapa pemain kondang seperti Garrincha, Mario Zagallo dan pemain berusia 17 tahun, Pele.

Brasil mengalahkan tuan rumah Swedia 5-2 di pertandingan final dan memenangi turnamen itu untuk pertama kalinya, dari lima yang sudah disandang mereka hingga kini.

Bellini merupakan salah satu pemain yang ikut mengangkat piala itu di Cile empat tahun kemudian kendati ia tidak bermain dalam turnamen itu.

Setelah bekerja pada tim yunior di kampungnya bersama klub Itapirense, ia beralih melatih Vasco da Gama, tempat ia bekerja selama sembilan tahun. Ia juga pernah melatih di Sao Paulo dan Atletico Paranaense.

Ia amat dikenal dan diingat sebagai ikon ketika mengangkat piala Jules Rimet di atas kepalanya dengan menggunakan kedua tangannya dan kapten Brasil lainnya mengulang-ulang apa yang dilakukannya.

Patung dibangun di luar Stadion Maracana di Rio de Janeiro, yang akan menjadi tuan rumah babak final Piala Dunia yang dimulai pada 13 Juli mendatang. Patung itu menunjukkan pemain itu sedang memegang piala menggunakan tangan kanannya. (metro/era)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hilderaldo Luiz Bellini Meninggal Dunia di Usia 83 Tahun"