Hii…Penderita HIV/AIDS Di BR Naik 10 Persen

Tidak ada komentar 10 views

stop aids

SURABAYA (suarakawan.com) – Jumlah pengidap HIV/Aids di lokalisasi Bangunsari (BR) Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Kota Surabaya hingga Mei tahun 2011 ini  meningkat sekitar 10%.

Menurut Lurah Dupak, Solikin, semua yang terjangkit adalah PSK yang menghuni di sejumlah wisma lokalisasi Bangunsari (BR) Kelurahan Dupak Kecamatan Krembangan Kota Surabaya.

“Pada tahun 2010 data yang ada pengidap HIV/aids di lokalisasi ini sekitar 46 orang tapi hingga Mei 2011 ada sekitar 52 orang,” papar Solikin kepada suarakawan.com, Senin siang (27/06) di Kantornya.

Sebetulnya, lanjut Solikin, langkah-langkah preventif untuk menekan angka pengidap sudah kami lakukan bersama-sama dengan Puskesmas Dupak, seperti halnya wajib pemakaian kondom dan pemeriksaan rutin terhadap para PSK penghuni lokalisasi Bangunsari (BR) Surabaya.

Diketahui, Jumlah penghuni atau PSK di lokalisasi Bangunsari (BR) saat ini sekitar 200 PSK dari 2 RT. Turun dari  jumlah penghuni sebelumnya yang mencapai sekitar 500 PSK dari 10 RT. Sayangnya penurunan jumlah penghuni justru meningkatkan jumlah pengidapan HIV/Aids.

Sementara itu, penelusuran suarakawan.com berhasil menemukan PSK yang mengidap HIV/Aids yang masih menjajakan dirinya, sebut saja Rima (35), mengungkapkan kalau dia terjangkit penyakit tersebut sejak setahun yang lalu dan saat ini dia dalam pengawasan Puskesmas Dupak dengan diberikan Pil ARV (Artoviral).

“Saya tahu kena penyakit ketika saya melakukan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas, tapi saya tetap bekerja kayak gini karena dituntut biaya hidup,” katanya.(Jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hii…Penderita HIV/AIDS Di BR Naik 10 Persen"