Hibah 44 Lantai Jemur Ditargetkan Selesai Oktober

Kadis Pertanian

SURABAYA (suarakawan.com) – Dinas Pertanian Jawa Timur menargetkan pada bulan Oktober 2011 sebanyak 44 unit lantai jemur dari  Pemprov Jatim akan diberikan pada gapoktan di 38 kabupaten/kota se-Jatim, sehingga rata-rata per kab/kota bisa dapat 1-2 unit

Kepala Dinas Pertanian Jatim, Ir Wibowo Ekoputro, Rabu (03/08) mengatakan, proses terakhir yang dilakukan untuk realisasi hibah tersebut, telah dilakukan lelang hibah pada Juli lalu.

“Hibah ini diperlukan petani Jatim untuk meningkatkan kualitas hasil panen padi, karena dapat dimanfaatkan untuk membantu mengeringkan gabah kering panen (GKP) hingga menjadi gabah kering giling (GKG),” tuturnya.

Menurut Bambang, lantai jemur ini juga mampu akan meningkatkan pendapatan petani dari hasil penjualan gabah. Selama musim kemarau basah ini pendapatan petani tidak optimal, karena petani langsung menjual hasil panen padi dalam bentuk GKP. Jika hasil GKP bisa dikeringkan hingga menjadi GKG, maka pendapatan petani dapat meningkat, karena harga gabah pun menjadi lebih mahal.

Sebelumnya, pada 2010 telah dihibahkan lantai jemur sebanyak 29 unit dan jangkauannya juga masih untuk 29 kabupaten/kota saja. Dengan ditambahkannya lantai jemur tahun ini, pihaknya berharap agar dapat lebih membantu petani Jatim mengatasi kendala pengeringan gabah selama musim kemarau basah ini.

Bentuk dari lantai jemur ini berupa lantai berbentuk cembung yang digunakan untuk menjemur GKP. Di atasnya bisa ditutup dengan terpal untuk menutupi gabah saat hujan. Dengan posisi cembung, maka air hujan bisa langsung mengalir sehingga tak sampai masuk dan membasahi gabah.

Jika tak menggunakan lantai jemur, di musim kemarau basah ini sangat memungkinkan gabah akan mudah lembab dan menjamur. Kalau gabah menjamur maka kualitas beras hasil gilingan akan menjadi kuning dan jelek, sehingga harganya pun akan turun drastis. Ini yang biasa merugikan petani. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hibah 44 Lantai Jemur Ditargetkan Selesai Oktober"