Hari ini, Wapres Resmikan Latihan Penanganan Bencana

MANADO – Wakil Presiden Boediono akan membuka secara resmi latihan bersama penanganan bencana forum regional atau ASEAN Regional Forum Disaster Relief Exercise (ARF DIREX) di Manado, Sulawesi Utara, Selasa (15/3).

Latihan bersama tersebut dihadiri 26 negara dari negara-negara ASEAN dan juga negara lainnya. Indonesia dan Jepang bertindak sebagai tuan rumah dalam latihan gabungan yang diselenggarakan 14-20 Maret 2011.

Latihan penanggulangan bencana gabungan ini telah direncanakan jauh hari sebelum Jepang terkena bencana Tsunami pada 11 Maret 2011 lalu yang hingga saat ini setidaknya 1.700 orang lebih tewas dan sepuluh ribu lainnya hilang dimana korban terus bertambah.

Menurut Juru Bicara Wapres Yopie Hidayat, delegasi Jepang tetap direncanakan ikut serta dalam latihan gabungan tersebut, meski berkurang.

“Jepang tetap ikut, ada sebagian yang tidak jadi ikut karena bencana di sana,” katanya.

Wapres Boediono dijadwalkan membuka secara resmi acara tersebut. Beberapa pejabat juga direncanakan menyertai Wapres Boediono dalam pembukaan acara itu, diantaranya Kepala Badan SAR Nasional Nono Sampono, Menteri Koordintor Bidang Kesra Agung Laksono, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Menteri Negara Riset dan Teknologi Suharna Surapranata. (R/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hari ini, Wapres Resmikan Latihan Penanganan Bencana"