Harga Daging Sapi di Jatim Masih Stabil

daging

SURABAYA (suarakawan.com) – Stok kebutuhan daging sapi dan harga daging di Sidoarjo masih cukup stabil. Hal ini diketahui setelah Dinas koperasi Perindustrian Dan Perdagangan (Diskoperindag) dan Polres Kabupaten Sidoarjo melakukan sidak di beberapa pasar di Kabupaten Sidoarjo.

Kepala Diskoperindag Sidoarjo, Fenny Apridawati mengatakan, sidak gabungan Diskoperindag dan Polres Sidoarjo ini dilakukan untuk berkomunikasi dengan penjual daging mengenai harga dan stok daging di pasar-pasar Sidoarjo.

“Syukur tidak ada kelangkaan, stok daging dan harga daging sapi cenderung stabil di kisaran Rp 95 ribu sampai Rp 100 ribu,” ujarnya, seperti ditulis Kamis (13/8).

H Mariamah, salah satu penjual daging di Pasar Larangan Sidoarjo mengatakan, pedagang daging di pasar tersebut tidak mau ikut ikutan aksi untuk tidak berjualan.

“Rugi kita kalau ikut demo gak jualan, malah bisa-bisa langganan kita beralih ketempat lain nanti,” kata Mariamah.

Hal yang sama juga terjadi di Kabupaten Mojokerto, Kepala Disperindag Kabupaten Mojokerto, Bambang Purwanto mengatakan saat ini harga daging di pasar tradisional Kabupaten Mojokerto Rp 95 ribu per kilogram.

Pihaknya mengaku terus melakukan pengawasan harga di pasar, tidak saja pada harga daging sapi namun semua komoditi. Pasalnya, lanjut Bambang, menjelang Idul Adha, bisa dipastikan sejumlah kebutuhan pokok mengalami kenaikan.

Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, juga menegaskan kalau ketersediaan daging sapi di wilayah Jawa Timur, sampai saat ini tercukupi. Meski ketersedian daging sapi diklaim tercukupi namun harga sapi melonjak naik sehingga menyebabkan Rumah Pemotongan Hewan (RPH) sepi dari aktivitas pemotongan. (bng1/rur)