Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Harga Bawang Putih Capai Rp65 Ribu per Kilogram, Begini Kata Pemerintah

29 May 2017 // 14:02 // EKONOMI, HEADLINE

bawang-putih

JAKARTA (suarakawan.com) – Di awal bulan Ramadan ini harga komoditas pangan masih menunjukkan kenaikannya. Bahkan untuk komoditas bawang putih saja harganya bisa mencapai di kisaran Rp60-65 ribu per kilogram.

Namun demikian, di mata pemerintah, harga-harga sudah mulai turun mencapai titik kestabilannya. Terutama untuk pasar-pasar di DKI Jakarta.

“Soal bawang putih ini, selama ini sebanyak 90 persen diimpor ya. Tapi makin ke sini harganya makin turun kok,” klaim Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan, Karyanto Suprih di Jakarta, seperti diberitakan Senin (29/5).

Dia menegaskan, pemerintah akan terus melakukan kebijakan impor bawang putih agar harga komoditas pangan satu ini bisa terus turun. Dan bagi importir pun tak boleh menimbun komoditas tersebut.

“Jadi, nantinya bawang putih ini setiap minggunya akan turun. Nanti bisa lah di angka Rp30 ribu per kg,” tegas dia.

Dari pantauan pemerintah sendiri, kata dia, hingga pekan ketiga Mei atau seminggu yang lalu, harga bahan pokok masih relatif terkendali.

Untuk pantauan di Pasar Induk Keramat Jati, harga bawang merah sebesar Rp21.200 per kg, cabai merah keriting Rp20.400/kg, cabai merah besar Rp25.000/kg, cabai rawit merah senilai Rp37.800/kg, cabai rawit hijau Rp20.000/kg dan bawang putig sendiri sebesar Rp33.200/kg.

Jadi jika dipersentasi, kata dia, harga bawah merah di tingkat grosir naik 24,44 persen, cabai merah keriting turun 30,11 persen, cabai merah besar nailk 6,63 persen, cabai rawit merah turun 12,78 persen, dan cabai rawit hijau turun 12,36 persen.

“Sedang untuk bawang putih ternyata turun 10,98 persen jika dibanding dengan rata-rata harga Maret 2017. Sehingga nanti bisa stabil di angka Rp30 ribu per kg,” klaim dia. (ak/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini