Harapan Gus Ipul pada Analis Kesehatan

SURABAYA (suarakawan.com) – Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap agar para analis kesehatan menjadi pintu masuk melihat fenomena kesehatan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Apalagi, profesi mereka yang dinilainya sangat penting itu mampu mendeteksi kecenderungan penyakit untuk segera dilakukan langkah pencegahan.

Hal tersebut disampaikan Gus Ipul saat membuka Seminar Ilmiah Menuju Mutu Layanan dan Hasil Berkualitas di Era Global, di Aula Lantai 7 Gedung Diagnostic Center RSUD dr Soetomo, Surabaya, Minggu (14/1).

Guna mendukung peran analis kesehatan, Gus Ipul sapaan akrab Wagub Jatim itu menyampaikan perlunya sumber daya manusia yang berkualitas yang ditunjang dengan teknologi. Apalagi di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti saat ini sudah berstandar internasional.

Jika harapan itu bisa terwujud, menurut Gus Ipul, bisa mendukung program pemerintah untuk langkah promotif maupun preventif kesehatan.

“Langkah promotif preventif ini bisa dimulai dari temuan analis kesehatan, sehingga bisa mengambil keputusan antisipasinya,” ujar Gus Ipul.

Untuk itu, Gus Ipul mengapresiasi Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Patelki) yang terus berusaha meningkatkan keterampilan bagi anggota dan analis kesehatan di Jatim.

Ke depan, Gus Ipul menginginkan agar Patelki ikut ambil bagian dalam memajukan Jatim khususnya di bidang kesehatan. Yakni memberikan layanan yang tepat kepada masyarakat.

“Ingin Patelki ambil peran dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat. Kalau masyarakat sehat, punya daya saing bagi Jatim,” pungkasnya.

Seminar ilmiah yang diselenggarakan Dewan Pengurus Cabang Patelki Kota Surabaya ini diikuti pengurus DPC Patelki dan analis kesehatan se-Jatim.(aca/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Harapan Gus Ipul pada Analis Kesehatan"