Hanya 709 Siswa Yang Tidak Lulus Di Jawa Timur

Tidak ada komentar 11 views

Dr Harun M.Si MM (Kepala Dinas Pendidikan Jatim)

SURABAYA (suarakawan.com) -Tingkat kelulusan peserta didik tingkat SMA ( Sekolah Menengah Atas) sederajat Propinsi Jawa Timur, terus mengalami kenaikkan.

Pada tahun ajaran 2010/2011, Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, hanya mengalami angka tidak lulus mencapai 709 siswa dari 1.541.683 siswa peserta ujian nasional, dengan prestasi tersebut Jawa Timur menduduki peringkat kelima untuk jumlah tingkat kelulusan setelah Propinsi Bali, Sumatera Utara, Maluku, dan Kalimantan.

“Ini adalah prestasi terbaik karena tingkat kelulusan semakin naik, dan angka tidak lulus menjadi turun,” kata Harun, kepala Dinas Pendidikan Jatim, dalam rilisnya Sabtu sore(14/05).

Sementara itu, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Konsultasi Manajemen Solusi Surabaya (KMS) yang mengamati sistem pendidikan, bahwa jumlah siswa yang tidak lulus hanya 709 atau 0,25% dari jumlah peserta yang dirilis dan diklaim oleh Dinas Pendidikan Jawa Timur sebagai prestasi yang membanggakan.

“Kalau yang lulus 100% maka itu dinamakan prestasi, karena masih adanya siswa yang tidak lulus bukan dinamakan sebagai prestasi,” imbuh Ir Taufik Widiyoko Mpd, sekretaris LSM KMS, kepada suarakawan.com,¬† Sabtu malam (14/05).

Karena, lanjutnya, masih banyak persoalan dalam ujian nasional tahun ini, seperti masalah pencetakan naskah soal yang diduga bocor sebelum pelaksanaan termasuk dua hari hari H pelaksanaan ujian nasional masih banyak naskah yang di fotocopy, padahal esoknya akan dilaksanakan ujian nasional, dan adanya dugaan korupsi dalam pengadaan pencetakan naskah unas.

“Mari kita bersama-bersama benahi sistem pendidikan terutama di Jawa Timur, jangan asal klaim saja,” tegasnya.(jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hanya 709 Siswa Yang Tidak Lulus Di Jawa Timur"