Hanura Dukung Pilgub Secara Langsung

Tidak ada komentar 11 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Meski Pemilihan Gubernur (pilgub) Jatim kurang satu tahun lebih DPD partai hanura jatim mendukung mekanisme pemilihan secara langsung. Artinya pemilihan langsung disuarakan oleh rakyat melalui pencoblosan atau pencontrengan.

Ketua DPD Hanura Jatim, Kuswanto mengatakan, hingga saat ini belum ada aturan yang mengatur adanya pemilihan melalui DPRD. Sehingga harus mengikuti aturan yang terdahulu yakni pemilihan secara langsung.

“Sampai saat ini belum ada aturan kalau cagub dipilih oleh DPRD. Maka harus mengikuti aturan yang ada,” terangnya saat di Surabaya, Jumat (10/02).

Menurut anggota Komisi E DPRD Jatim ini, Hanura sangat mendukung pemilihan secara langsung,karena rakyat dapat memilih sesuai hati nuraninya. Disisi lain, pemilihan secara langsung merupakan kemajuan Indonesia dari orde baru, yakni dipilih lewat legislatif.

“Pemilihan langsung itu kan usai orde baru. Begitu orde reformasi, pemilihan melibatkan rakyat,” papar Ketua Fraksi Hanura Damai DPRD Jatim ini.

Proses pemilihan langsung memang membutuhkan dana yang banyak, karena membutuhkan logistik yang menunjang untuk menjamin kerahasiaan pemilih. Namun untuk menghemat biaya, penyelenggara pemilu dapat mengatur pemilihan secara baik, agar tidak memngeluarkan biaya tinggi.

Meski belum ada petunjuk bahwa pemilihan harus dipilih oleh DPRD, Hanura siap menjalankan pemilihan sesuai aturan yang baru, yakni jika keluar aturan pemilihan lewat DPRD. “Kalau sudah keluar aturan kalau pemilihan harus melalui DPRD, kita harus menghormati dan menjalankan aturan tersebut,” tegasnya. (aca)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Hanura Dukung Pilgub Secara Langsung"