Hama Ulat Bulu Telah Melahap 8 Kecamatan di Probolinggo

1 komentar 26 views

PROBOLINGGO – Serangan ulat bulu yang melanda Kabupaten Probolinggo Jawa Timur sejak (30/3)  saat ini semakin memprihatinkan. Sabtu (2/4) ini sudah tercatat delapan kecamatan terserang hama ulat bulu ini.

Sebelumnya lima Kecamatan yang diserang ulat bulu itu diantaranya, Leces, Tegal Sriwulan, Bantaran, Sumberasih dan Wonomerto. Kini ulat bulu tersebut menjalar ke kecamatan Dringu, Tongas dan Banyuanyar.

Ulat bulu berjenis dasi sira ini menyerang daun mangga. Sedikitnya 60 ribu hektare lahan pertanian atau setara 8.500 pohon mangga, rusak dimakan ulat bulu.

Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo telah menangani masalah ini dengan menyemprotkan cairan pestisida. Namun cara tersebut sia-sia, mengingat Kabupaten Probolinggo setiap sore diguyur hujan. Akibatnya pestisida yang disemprotkan petugas langsung luntur terbawa air hujan.

Alhasil hama ulat bulu tersebut terus menjalar ke delapan kecamatan. Warga semakin resah karena ulat bulu yang terus menyebar ke mana-mana. Warga mendesak pemerintah bertindak cepat dengan serentak menyemprotkan pestisida.

Untuk diketahui, ribuan atau bahkan jutaan ulat bergelantungan di pohon-pohon di delapan Kecamatan di Kabupaten Probolinggo Jawa Timur. Mereka merambat, bahkan berjatuhan ke tanah.

“Sebenarnya ulat bulu bukan hama primer. Mereka sudah biasa ada di sana. Namun, diduga, populasi pemangsa alami mereka, sejenis tawon, berkurang akibat terkena hujan hampir sepanjang tahun ini. Hal itu mengakibatkan populasi ulat bulu tidak terkontrol dan menjadi hama pengganggu,” papar Kepala Laboratorium Hama Jurusan Hama dan Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Malang, Toto Himawan.

Menurut Toto, ada dugaan bahwa sejumlah ngengat yang akhirnya menetas menjadi ulat-ulat ini bermigrasi dari wilayah selatan Kabupaten Probolinggo. Terbukti, kecamatan yang terkena serangan ulat bulu ini rata-rata masih berada di wilayah selatan Probolinggo. (kcm/ara)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Hama Ulat Bulu Telah Melahap 8 Kecamatan di Probolinggo"