Habiskan 540 Liter Pestisida Basmi Ulat Bulu

PROBOLINGGO – Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo menyatakan wabah ulat bulu di Kabupaten Probolinggo bisa dikendalikan dengan hanya membutuhkan 540 liter pestisida.

Kepala Seksi Perlindungan Tanaman Bidang Teknik Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Arif Kurniadi mengatakan,  540 liter pestisida tersebut untuk upaya pengendalian di 58 desa di sembilan kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang terserang wabah ulat bulu. Ada sekitar 14 ribu lebih pohon Mangga yang terserang wabah ulat bulu ini. Namun, jika di persentase, jumlahnya hanya satu persen dari jumlah pohon Mangga di wilayah itu yang tidak terserang wabah ulat bulu.

Jumlah pohon Mangga yang tidak terserang wabah ulat bulu di sembilan kecamatan tersebut adalah 931 ribu. “Persentasenya sangat kecil. Walaupun begitu, ini merupakan serangan terbesar,” katanya.

Sementara itu, hanya dalam hitungan pekan, wabah ulat bulu bukan saja terlihat di daerah Probolinggo, melainkan sudah ke sejumlah daerah lain di Jawa Timur, yakni Bojonegoro, Jombang, Madium, Pasuruan, dan Banyuwangi . Serangan ulat bulu itu kemudian merambah wilayah Jawa Tengah, seperti Kendal, Kudus, Semarang. Di Jawa Barat serangan ulat bulu terjadi di Sumedang dan Bekasi.

Dan saati ni wabah ulat bulu juga menyerang beberapa wilayah di Kabupaten Buleleng, Bali. Hingga Senin (11/4), setidaknya lima desa di tiga kecamatan teridentifikasi terserang ulat bulu.

Kelima kawasan itu yakni di Desa Baktiseraga, Tukadmungga, Penglatan, Gerokgak dan Desa Sangsit. Serangan ulat bulu terjadi sejak tiga hari terakhir. Ulat bulu yang belum diketahui jenisnya ini menyerang pohon mangga warga. Bahkan juga masuk ke beberapa rumah warga. (TI/Inilah/ara)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *