Gus Iful Minta Kemenhub Audit Total PO Sumber Kencoco

SURABAYA (suarakawan.com) – Kecelakaan Bus Sumber Kencono di Magetan, Jatim, memantik reaksi keras Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf. Pria yang biasa dipanggil Gus Ipul ini mendesak Kementerian Perhubungan untuk melakukan audit total terhadap manajemen PO Sumber Kencono.

“Yang punya kewenangan mengaudit angkutan umum itu Menteri Perhubungan. Kita cuma bisa mengusulkan saja,” kata Gus Ipul kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (09/02).

Seperti diketahui, Bus Sumber Kencono kembali menelan korban jiwa. Kamis (09/02) dini hari, sekitar pukul 03.00 Wib, Sumber Kencono jurusan Solo-Surabaya menabrak mobil sedan di jembatan Glodok, di Desa Karang Rejo, Magetan, Jawa Timur.

Tabrakan antara Bus Sumber Kencono nopol W 7666 UY dengan sedan nopol AG 1363 V itu membuat badan bus jatuh dari ketinggian 20 meter ke sungai. Akibat kejadian ini, dua orang tewas seketika.

“Langkah mengaudit PO Sumber Kencono ini harus dilakukan. Mulai jadual shift pengemudi maupun penggajiannya. Sambil ini dijalankan, perlu ada moratorium penghentian sementara armadanya tanpa ada PHK karyawan,” tambahnya.

Kejadian ini, menurutnya, memang musibah. Namun, bila beruntun melibatkan pihak yang sama tentu jadi pertanyaan besar. “Yang lain banyak, tapi ini kok Sumber Kencono. Bila tidak ada tindakan tegas seperti ini tentu masyarakat lagi yang akan jadi korbannya,” tegasnya. (Bng/sug)

Keterangan foto: Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf. (Bng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *