Guruh:Pustakawan Tak Sekedar Jaga Buku

1 komentar 13 views

Guruh Harisaputra

SURABAYA (suarakawan.com) – Meski menjadi profesi yang banyak dibutuhkan oleh berbagai instansi, nyatanya masih banyak pihak yang belum paham mengenai profesi Pustakawan. Banyak yang mengira tugas pustakawan hanyalah menjaga buku saja.

“Padahal tugas pustakawan sangat luas mulai dari hulu hingga hilir yang bermuara pada kepuasan pelanggan atau user perpustakaan tersebut,” papar Kordinator Perpustakaan Unair Kampus C, Guruh Haris Raputra.

Ya, kawan kita kali adalah seorang pustakawan yang memiliki peran mulia dan tak kalah penting peranannya dalam sebuah dinamika pendidikan di sebuah institusi pendidikan tinggi seperti Universitas Airlangga.

Selain berperan dalam pengadaan koleksi sebuah perpustakaan (akuisisi) yang merujuk pada kebutuhan user atau pengguna, alumnus Program Studi Teknisi Perpustakaan Fisip Unair ini menyatakan bahwa pustakawan juga bertugas mengkatalogisasi dan mengklasifikasi koleksi perpustakaan sebelum bisa dinikmati pengunjung.

“Dengan katalogisasi dan klasifikasi, maka pengunjung bisa mudah menemukan buku atau informasi yang dia butuhkan. Contoh sederhananya mirip dengan penataan barang di sebuah supermarket. Dengan di tata sedemikian rupa, maka calon pembeli yang butuh pasta gigi bisa langsung mengambil di rak terkait. Bayangkan jika itu tidak diklasifikasi, pasti calon pembeli bingung,” imbuhnya.

Dewasa ini, pria asli Kediri ini menyatakan bahwa profesi Pustakawan cukup menjanjikan masa depan yang cerah.”Terbukti lulusan dari PSTP Unair langsung terserap pasar. Masih banyak pihak yang membutuhkan tenaga pustakawan. Jadi buat lulusan SMA jangan ragu untuk menjadi pustakawan,” tutup ayah 2 orang anak ini.(nas)

Satu Respon

Tinggalkan pesan "Guruh:Pustakawan Tak Sekedar Jaga Buku"