Guna Capai Pelayanan Prima, Disparta Kota Surabaya Gelar Bimtek

SURABAYA (suarakawan.com) – Demi memberikan pelayanan yang baik terhadap konsumen/pengunjung, mulai kemarin hingga hari ini (16/02), Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kota Surabaya menggelar Bimbingan Teknis Pelatihan Pelayanan Prima.

Bertempat di Masjid Agung Surabaya, pelatihan ini diikuti sebanyak 40 orang perwakilan tempat – tempat wisata di seluruh Surabaya. “Ini merupakan acara pertama kami, pesertanya dari beragam tempat wisata misalnya Kenjeran, Kebun Binatang dan wisata Mangrove,” jelas Lintang, salah satu panitia.

Para peserta meliputi mereka yang sering berhubungan dengan pengunjung/wisatawan, seperti resepsionis dan satpam. Mengangkat tema Smart, Smile and Brilliant, Goesmiharta sebagai salah satu pembicara mengatakan bahwa melayani orang bukanlah suatu pekerjaan.

“Dalam konteks sebenarnya melayani orang harus ada nilai nilai kepuasan yang berasal dari diri kita, jadi melayani adalah pekerjaan hati,” kata Goesmiharta.

Beberapa peserta nampak antusias mengajukan pertanyaan yang berasal dari pengalaman mereka dilapangan ketika melayani pengunjung. “Saya sudah melakukan 3S, senyum salam sapa, tapi pelanggan malah mecucu,” kata salah satu peserta.

Namun Goesmiharta menegaskan bahwa yang terpenting adalah ketulusan hati dalam pelayanan. Selain itu pengelola wisata juga harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi terhadap pengunjung.

“Jadi kalau kita ingin meningkatkan kualitas diri didepan pengunjung maka harus prima dalam penampilan, penyampaian dan pengetahuan, berikan kesan positif,” tutup Goesmiharta.(Din/jto)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Guna Capai Pelayanan Prima, Disparta Kota Surabaya Gelar Bimtek"