Group Buying, Apaan Tuh ?

Tidak ada komentar 11 views

SURABAYA(suarakawan.com)-Meski telah menjadi trend berbelanja terbaru, mungkin konsep Group buying masih belum banyak dikenal pembaca. Group buying yang juga dikenal dengan pembelian kolektif merupakan sebuah sistem berbelanja yang menawarkan suatu produk dan servis dengan diskon yang besar dan harga yang terjangkau.

Uniknya di sistem belanja ini, untuk membuat sebuah penawaran aktif diperlukan sejumlah pembeli minimun yang berpartisipasi dalam penawaran tersebut. Jika kita mengaitkannya dengan ilmu ekonomi, maka kita dapat menemukan bahwa ini merupakan ilmu “economic of scales” yaitu dimana sebuah perusahaan dapat menekan biaya produksinya jika ia telah memproduksi barang dalam jumlah tertentu.

Pembelian kolektif sukses telah menjadi sebuah trend belanja online baru di Indonesia setelah kesuksesan Groupon yang sudah kita ketahui sebagai bapa dari semua ide perbelanjaan lewat sistem ini.  Group buying menawarkan banyak sekali daily deals atau diskon harian yang akan aktif jika ada sejumlah orang yang meng-klik “beli” di suatu penawaran tersebut.

Pembeli kemudian harus me-print kupon online yang dikirimkan lewat email lalu kemudian diklaim di toko yang menawarkan diskon promosi.

Para website group buying menawarkan daily deals dengan cara bekerja sama dengan toko atau merchant untuk mengadakan sebuah promo diskon. Contoh dari website group buying yang menawarkan daily deals sebagai layanan mereka adalah Dealkeren, Disdus, Ogahrugi, Lapar.com, eVoucher, Valadoo, dskon dan masih banyak lagi. (nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Group Buying, Apaan Tuh ?"