Golkar Tolak Bubarkan FPI

Tidak ada komentar 6 views

SURABAYA (suarakawan.com) – Partai Golkar menolak Front Pembela Islam (FPI) dibubarkan. Sebab, membubarkan organisasi masyarakat (ormas) bukan menjadi kewenangan Golkar. Partai berlambang pohon beringin ini justru menyalahkan pemerintah yang kurang tegas terhadap keberadaan ormas yang meresahkan masyarakat.

“Saya tidak menanggapi banyaknya tuntutan pembubaran FPI. Bukan menjadi wewenang kita untuk membubarkan FPI atau ormas lainnya,” kata Ketua Bidang Ormas DPP Partai Golkar, Rambe Kamaruzaman disela-sela Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) AMPI I di Hotel Tunjungan, Surabaya, Sabtu (16/2).

Partai Golkar, menurutnya, tidak suka dengan kekerasan yang tidak cocok dengan lingkungan yang ada. Golkar tidak menghendaki ormas melakukan tindakan kekerasan. Selama ini, Golkar juga tidak pernah mengarahkan kepada ormas-ormas yang mendukung Golkar untuk melakukan kekerasan.

“Boleh mengajukan pendapat, tapi harus menggunakan cara yang benar. Ormas yang melakukan kekerasan tidak seiring dengan dasar negara Pancasila dan aturan-aturan yang ada. Untuk apa ada negara kalau ormas sesuka hati melakukan tindakan,” ujarnya.

Karena itu, lanjutnya, harus ada Undang-Undang yang mengatur keormasan untuk tidak bisa berbuat semena-mena. Pemerintah tidak bisa membubarkan ormas tanpa ada landasan hukum yang kuat. “Ditengah masyarakat jika tidak ada landasan hukum, masyarakat tersentuh maka akan jadi persoalan,” tandasnya.

Sekarang ini, tambahnya, aturan-aturan yang ada belum mencerminkan larangan ormas melakukan tindakan anarkis. Aturan itu harus dijabarkan dan dilaksanakan. Jika tidak, maka ormas yang tidak paham dengan aturan akan melakukan tindakan anarkis.

“Aturan yang baru nanti harus sesuai dengan koridor dengan perkembangan ormas, terutama ormas kepemudaan seperti AMPI. Jadi, UU keormasan harus diatur secara riil. Dengan demikian, tidak mudah bagi ormas untuk mendaftarkan diri sebagai ormas,” paparnya. (Bng/jto)

Keterangan foto: Rambe Kamaruzaman (kanan) didampingi ketua panitia Rapimnas, Wahyu SK. (Bng)

Tag:
Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Golkar Tolak Bubarkan FPI"