GMKN Dibentuk, Piagam Pendidikan Surabaya Dihasilkan

SURABAYA (suarakawan.com) – Sekitar ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kependidikan Nusantara (GMKN) melakukan aksi di depan gedung negara Grahadi, Minggu (02/11) siang.

Aksi ini merupakan penutupan Kongres Mahasiswa Keguruan Nusantara Gedung Gema Unesa Ketintang Surabaya pada 29 November-2 Desember 2012

Ratusan mahasiswa yang terdiri dari 21 kampus se – Nusantara berkongres dan merumuskan deklarasi yang dinamai dengan “PIAGAM PENDIDIKAN SURABAYA”.

“Ini merupakan rangkaian penutupan KMKN. Aksi ini merupakan untuk menarik simpatik masyarakat,” jelas Achmad Ridlo, Humas BEM Unesa.

Berikut 12 Poin “PIAGAM PENDIDIKAN SURABAYA”

1. Mendesak pemerintah untuk menghapus liberalisasi, komersialisasi dan kapitalisasi di bidang pendidikan. 2. Mendesak pemerintah untuk membenahi sistem penyelenggaran PPG.

3. Menuntut pemerintah memaksimalkan Anggaran Pendidikan 20% dari APBN untuk penyelenggaraan pendidikan diluar gaji pendidikan dan pendidikan kedinasan.

4. Menuntut pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan guru pendidikan khusus/inklusi serta. tenaga pengajar tidak tetap.

5. Mendesak pemerintah untuk mempercepat pelaksanaan wajib belajar 12 tahun.

6. Mendesak pemerintah untuk mereposisi Ujian Nasional bukan standar menentukan kelulusan.

7. Mendesak pemerintah untuk memberikan kemudahan akses bagi peserta didik yang ingin melanjutkan ke jenjang PT.

8. Menuntut pemerintah untuk melakukan pembenahan kurikulum pendidikan sesuai dengan nilai luhur dan karakter Bangsa.

9. Menuntut pemerintah untuk melakukan transparasi dan evaluasi pengelolaan beasiswa bidik misi agar lebih tepat sasaran.

10. Menuntut pemerintah untuk melakukan pembenahan sarana dan prasarana bagi sekolah yang terletak di daerah terluar dan tertinggal.

11. Menuntut pemerintah untuk membenahi sistem sertifikasi guru terutama transparansi dalam proses penilaian.

12. Optimalisasi sumber daya untuk peningkatan kinerja dalam lingkungan Kemendikbud.(jto)

 

 

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "GMKN Dibentuk, Piagam Pendidikan Surabaya Dihasilkan"