Gempa Susulan Kembali Guncang PLTN Fukushima

Tidak ada komentar 5 views

TOKYO – Pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) Fukushima Daiichi Jepang kembali diguncang gempa besar susulan pada Selasa siang, satu hari setelah guncangan serupa menyebabkan tertundanya sementara pengaliran air pendingin ke tiga reaktor PLTN itu yang rusak.

Pekerja diungsikan sementara, tidak terjadi gangguan terhadap pompa pengalir air bagi reaktor nomor 1 hingga 3 atau sumber tenaga listrik keenam reaktor itu setelah gempa pukul 14.07, yang diperkirakan berkekuatan 6,3 pada skala richter, kata pengelola PLTN tersebut, Tokyo Electric Power Co.

Serangkaian guncangan susulan gempa 9,0 pada skala Richter pada 11 Maret, termasuk guncangan 7,0 pada skala Richter pada Senin, menghambat upaya pemulihan PLTN, yang dalam keadaan rentan, karena banyak unit reaktor membutuhkan pengaliran atau penyiraman air dari luar bangunan.

Air itu dibutuhkan guna mencegah bahan bakar nuklir di reaktor dan menghindarkan kolam bahan bakar dari panas berlebihan.

Gempa terkini itu tidak mempengaruhi PLTN Fukushima Daini, yang terletak di dekat PLTN Daiichi, kata TEPCO seperti dilaporkan oleh kantor berita Jepang, Kyodo. (Kyodo-ANT/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Gempa Susulan Kembali Guncang PLTN Fukushima"