Gempa NZ Lebih Mahal Dari Gempa Jepang

Tidak ada komentar 12 views

Gedung Miring Akibat Gempa di New Zealand

WASHINGTON-IMF menyatakan bahwa gempa bumi yang melanda Selandia Baru pada bulan September dan Februari silam akan memakan sekitar 7,5 persen per PDB, lebih tinggi daripada biaya dari bencana baru-baru ini di Jepang pada ekonomi Tokyo.

Dana Moneter Internasional memperkirakan bahwa pembangunan kembali setelah gempa Christchurch akan menelan biaya sekitar 15 milyar dolar Selandia Baru ($ 11,9 miliar), menjadi beban berat pada perekonomian nasional daripada gempa Kobe Jepang dan gempa besar Chili tahun lalu.

“Sementara skala kerusakan dari gempa Jepang baru-baru ini masih belum pasti, kemungkinan kurang dari gempa bumi Canterbury dalam persentase dari produk domestik bruto,” kata pejabat IMF.

Gempa kedua terbesar di kota Christchurch Selandia Baru hancur oleh gempa 6,3 skala Richter pada bulan Februari, yang diklaim mengakibatkan 181 jiwa meninggal dan diikuti gempa lebih kuat 7.1 skala Richter tetapi kurang merusak pada bulan September.

Ekonom IMF mengatakan gempa akan menghapus persentase pertumbuhan ekonomi sekitar 2 poin tahun ini, dan ekonomi hanya akan tumbuh sekitar satu persen.

“Gempa bumi menghancurkan aset setara dengan sekitar 2-3 persen dari modal produktif bangsa, dan akan mengurangi output potensial sementara,” katanya.(cna/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Gempa NZ Lebih Mahal Dari Gempa Jepang"