Media Online "suarakawan.com" mengutamakan profesional, integritas, keberagaman serta menyajikan dan melayani kepuasan pembacanya maupun kepercayaan|| Mahal Itu Pilihan! Berarti Berkualitas & Puas || Semangat dalam menjalankan tugas merupakan ciri khas karakter bangsa indonesia yang mau berjuang & bekerja keras dari berbagai aspek kehidupan terutama dalam menjaga keutuhan negara dan rakyat Indonesia. Mari menyongsong dan menatap hari esok dengan menjalankan amanat cikal bakal negara RI serta Rakyat Indonesia atas Pancasila & UUD 1945 Asli & Sungguh2 Bukan Selalu Menjadi Penindasan kepada Rakyat...|| Suarakawan.com memberikan kemudahan & pelayanan buat pembaca dari berbagai lapisan dengan bahasa di seluruh dunia.||

Gempa 5,5 SR Guncang Sukabumi Terasa Hingga Serang

09 Jul 2017 // 09:39 // DAERAH, HEADLINE, PERISTIWA

gempa bumi

LEBAK (suarakawan.com) – Gempa bumi berkekuatan 5.5 skala Richter menggetarkan wilayah selatan Jawa Barat dan Banten pada Minggu subuh tadi sekitar pukul 05.48 WIB. Koordinat gempa berada pada 7.66 Lintang Selatan dan 105.85 Bujur Timur.

Kedalaman gempa bumi tersebut berada di 10 kilometer. Sedangkan pusat gempa terletak di 129 kilometer barat daya Lebak, Banten, dan 144 km barat daya, Kota Sukabumi, Jawa Barat, 150 km barat darat Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

“Sejauh ini korban jiwa belum ada laporan. Kerugian materi dalam pendataan,” ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulis, Minggu (9/7) pagi.

Gempa dirasakan sejumlah wilayah selatan Jawa Barat dan Banten. “Gempa dirasakan di Kabupaten Lebak, Banten. Namun, gempa dirasakan kuat di Kota Sukabumi, Jawa Barat, selama 1-3 detik,” tutur Sutopo.

Gempa bumi juga dirasakan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sementara di Kabupaten Serang, Banten, gempa dirasakan lemah dan berlangsung selama 1-2 detik. “Gempa ini tidak berpotensi tsunami,” ujar dia.

Sejauh ini, menurut Sutopo, Tim Kota Sukabumi sedang melakukan monitoring dan pendataan. Pendataan terhadap dampak gempa bumi juga dilakukan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Serang.(lp6/rur)

Artikel Terkait

Tinggalkan Komentar Anda




  • Terkini