Gempa 5,4 SR Guncang Mentawai

Tidak ada komentar 3 views

gempa bumi

PADANG (suarakawan.com) – Gempa bumi kembali mengguncang sejumlah daerah di Sumatera Barat, Rabu (16/8), pukul 11.09 WIB. Kali ini, gempa berkekuatan 5,4 Skala Rickter berpusat di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Padang Panjang merilis gempa terjadi di 2,30 Lintang Selatan, 99,84,56 Bujur Timur. Tepatnya di 44 kilometer Tenggara Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

“Kedalamannya 22 kilometer. Tidak berpotensi tsunami,” ujar Kepala BMKG Stasiun Geofisika Padang Panjang Rahmat Triyono, Rabu (16/8).

Kepala BPBD Mentawai Nurdin mengatakan guncangan gempa cukup kuat dirasakan di Mentawai. Terutama di daerah Tua Pejat, Sipora Utara.

Selain di Mentawai, gempa juga menggetarkan beberapa kabupaten dan kota di Sumatera Barat. Di antaranya Kota Padang, Padang Panjang dan Kota Bukittinggi.

“Iya. gempanya terasa tidak kuat dan sebentar,” ujar salah seorang warga Bukittinggi Yudi, Rabu (16/8).

Sebelumnya, gempa berkekuatan 6,6 Skala Richter yang berpusat di Bengkulu terasa di sebagian daerah di Sumatera Barat pada pukul 10.08. Guncangan gempanya terasa kuat di Kota Padang.(tc/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Gempa 5,4 SR Guncang Mentawai"