Gempa 5,1 SR Guncang Banyuwangi-Jember

Tidak ada komentar 9 views

SURABAYA- Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter mengguncang Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (23/3) sekitar pukul 07.07 WIB.

Gempa yang terjadi pukul 07.07 WIB lewat 33 detik ini, menurut Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) berpusat di 141 km-Barat Daya Banyuwangi dan 145 km-Tenggara Jember. Demikian dikatakan Kepala Bidang Gempa Bumi dan Gerakan Tanah PVMBG Bandung, Gede Suwantika saat dihubungi suarakawan.com, Rabu (23/3).

“Gempa ini kecil sekali, hampir tidak terasa. Dari pantauan stasiun kami di Gunung Ijen berlangsung selama 150 detik. Pusat gempa memang merupakan sesar aktif di lempeng Eurasia di Samudera Indonesia, dengan kordinat 9.44 LS – 114.03 BT,” ujar Gede.

Ia juga menambahkan, gempa yang terjadi pada kedalaman 22 kilometer ini tidak berbahaya. “Tidak ada korban jiwa, dan juga tidak berpotensi menimbulkan tsunami, maupun adanya gempa susulan,” ujarnya.

Sementara itu, menanggapi perkembangan Gunung Bromo, Gede mengatakan aktifitasnya masih berlangsung tinggi namun seperti yang terjadi rutin selama ini.

“Tinggi lontaran material pijar sejauh 300 meter dan masih jatuh sekitar 500 meter dari kawah, jadi belum membahayakan. Status Bromo masih tetap siaga dengan jarak aman 2 kilometer dari pusat letusan,” paparnya.

Gempa tremor menurutnya masih berlangsung terus menerus dengan amplitude 3 sampai 40 mm dengan durasi 15 hingga 80 detik.” Kolom letusan asap berkisar 400 sampai 800 meter, mengarah ke Kabupaten Malang-barat Daya,” pungkasnya. (ut/ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Gempa 5,1 SR Guncang Banyuwangi-Jember"