Gara-gara Tikus Sambungan Telkomnet Mati

SURABAYA (suarakawan.com) – Sambungan internet sudah menjadi kebutuhan setiap hari, baik perorangan maupun kantoran. Apalagi yang bergerak dalam bidang bisnis, tidak bisa ditawar lagi. Apa jadinya jika, sambungan internet mandek, bisa-bisa tidak hanya pekerjaan yang mandek. Keuntungan perusahaan bisa amblas.

Tapi kecelakaan seperti itu, tidak bisa kita hindari. Seperti Senin (24/7) pagi tadi, saluran internet di daerah Dukuh Kupang mandek total, baru bisa digunakan kembali pukul 16-an. Pihak telkomnet yang dihubungi karena gangguan ini, awalnya tidak dapat memberikan penjelasan yang jelas. Tapi kemudian mereka mengatakan ada kerusakan kabel karena dimakan tikus.

“Karena beberapa kabel fiber optic putus akibat dimakan tikus. Akibatnya 25 pelanggan telkomnet sambungan internetnya mati. Mereka yang berlokasi didekat PLN dan Bintang Diponggo. Jadi kami perbaiki dengan mengganti pelindung kabel yang rusak dengan yang baru.” Jelas Subairi, yang dihubungi lewat telepon.

Hal seperti ini memang sulit diperkirakan namun sebenarnya dapat dihindari jika dilakukan usaha-usaha pencegahan dengan secara berkala melakukan pengecekan kondisi kabel yang berada di daerah rawan tikus.

Tikus memang binatang yang yang cepat beradaptasi dengan lingkungannya yang baru, memakan apasaja yang ada di depannya. Semakin hari semakin pandai, tapi apakah tidak mungkin kita bisa lebih cerdas? Seperti kita yang selalu kecolongan duit negara karena koruptor, adakah cara untuk mencegahnya? (mei/nas)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *