FIFA Memberhentikan Dua Anggota Executife Committe

ZURICH (suarakawan.com) – Komite Etik FIFA, di bawah pimpinan Petrus Damaseb(Namibia), Minggu malam (29/05) memutuskan untuk sementara memberhentikan dengan segera, Wakil Presiden FIFA Jack A. Warner dan anggota Komite Eksekutif FIFA Mohamed bin Hammam dalam semua bagian aktivitas apapun yang berhubungan dengan sepak bola (administrasi, olahraga atau lainnya) di seluruh dunia. Setelah kasus mereka terbukti dengan dugaan suap dan pelanggaran Kode Etik FIFA terkait pemilihan presiden FIFA mendatang.

Komite Etik menganggap, bahwa suspensi/pemberhentian sementara diperlukan saat penyelidikan berlanjut, dengan memperhatikan bobot kasus ini dan kemungkinan pelanggaran Kode Etik FIFA dan Kode Disiplin FIFA.

Selain itu, Komite Etika memeriksa kasus dua pejabat dari Karibia Football Union (CFU) – Debbie Minguell dan Jason Sylvester – juga dalam kaitannya dengan dugaan suap dan pelanggaran terhadap Kode Etik FIFA dan Kode Disiplin FIFA.

“Komite juga memutuskan untuk memberhentikan sementara dua pejabat ini dari bagian dalam aktivitas apapun yang berhubungan dengan sepak bola,” terang Petrus Damaseb, kepada AFP.

Sementara itu, mengenai proses dugaan pelanggaran kode etik terhadap Presiden FIFA Joseph S. Blatter atas permintaan Mohamed bin Hammam untuk pelanggaran yang potensial dari Kode Etik FIFA, sebagai Komite Etik menemukan bahwa tidak ada pelanggaran Kode Etik.

Komite Etika akan melakukan pertemuan lagi, pada Senin pagi (30/05) untuk mengambil keputusan akhir mengenai hal itu setelah mengumpulkan informasi lebih lanjut dan bukti kasus,” tambahnya

Anggota dari Komite Etik FIFA yang melakukan sidang kemarin (29/05) yakni terdiri dari wakil ketua Petrus Damaseb (Namibia) dan anggota Juan Pedro Damiani (Uruguay), Sondre Kaafjord (Norwegia), Les Murray (Australia) dan Robert Torres (Guam). (AFP/jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *