Fatwa Orang Mampu Beli Premium Haram Dari MUI Jatim

SPBU

SURABAYA (suarakawan.com) – “Keputusasaan” pemerintah untuk meningkatkan angka penghematan energi nasional secara masif, mendapat mendapat respon positif dari ulama Indonesia.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) pusat telah mengeluarkan fatwa tentang haramnya orang yang tidak berhemat energi yang point pentingnya yakni masyarakat wajib hemat energi, masyarakat mampu yang menggunakan BBM bersubsidi hukumnya haram, dan mencuri listrik hukumnya haram.

Menurut Ketua MUI Jawa Timur, KH Abbushomad Buchori, fatwa-fatwa yang dikeluarkan MUI Pusat tersebut merupakan ide dari MUI Jawa Timur. Dan kali ini fatwa tersebut dikeluarkan.

“Sejak 2010 MUI Jawa Timur mengusulkan fatwa tersebut,” kata Abbushomad saat dihubungi melalui telepon oleh suarakawan.com, Selasa pagi (28/06).

Dasar kami, lanjutnya, mengajukan fatwa tersebut karena masyarakat semakin “rakus” dengan sumber daya energi di Indonesia dan untuk menata kembali masyarakat untuk berhemat energi. Subtansi dari fatwa tersebut adalah melindungi masyarakat Indonesia yang tidak mampu menikmati energi yang dimiliki Indonesia.

“Kita prihatin dengan budaya konsumsi energi masyarakat Indonesia,” tambahnya.(jto/nas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *