Empat Tahun Koma, Dokter Sebut Michael Schumacher Masih Punya Harapan

BERLIN (suarakawan.com) – Legenda F1 Michael Schumacher telah empat tahun tidak sadarkan diri akibat kecelakaan saat bermain ski di Pegunungan Alpen Perancis, Desember 2013.

Sejak mengalami kecelakaan, Schumacher telah dua kali menjalani operasi. Keluarga memutuskan merawat Schumacher di rumah dengan fasilitas perawatan serupa dengan rumah sakit.

Profesor Mark Obermann, Direktur Pusat Neurologi di klinik Asklepios di Seesen, Jerman memberi harapan kepada para penggemar F1 dengan mengatakan berdasar penelitian ilmiah ada kemungkinan pasien seperti Schumacher dapat pulih.

Penelitian yang ditunjukkan Obermann memperlihatkan beberapa pasien dengan kondisi serupa Schumacher dapat pulih hingga menyerupai kondisi normal.

“Berdasar penelitian Swedia, antara 30 hingga 40 persen pasien dapat sadar kembali setelah empat tahun,” kata Obermann seperti dikutip Daily Express. “Banyak yang kemudian dapat pulih kehidupannya dan menyaksikan anak dan cucunya beranjak dewasa atau tumbuh bersama keluarga dan teman-teman.” (kc/rur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *