Empat Artis Ini Peduli Terhadap Dunia Pendidikan Tanah Air

JAKARTA (suarakawan.com) – Pendidikan merupakan pilar utama untuk membangun peradaban dunia. Melalui pendidikan yang mumpuni akan melahirkan generasi yang berkarakter kuat. Namun, kesenjangan pendidikan masih kerap dirasakan oleh anak-anak di beberapa wilayah di Indonesia.

Berangkat dari fenomena itu, tak sedikit sejumlah selebriti Tanah Air menaruh perhatian lebih terhadap dunia pendidikan. Mulai dari mendirikan sekolah hingga menjadi pengajar secara sukarela bagi anak jalanan.

Seperti yang dilakukan oleh Kalina Octaranny. Mantan istri pesulap Deddy Corbuzier itu mencurahkan sebagian waktunya untuk menjadi pengajar sukarela di Yayasan Tri Kusuma Bangsa. Yayasan tersebut fokus untuk membantu pendidikan anak jalanan di Ibu Kota.

Berikut empat artis Tanah Air yang menaruh kepedulian terhadap dunia pendidikan.

1. Dik Doang

Penyanyi sekaligus pembawa acara Dik Doank mencurahkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan dengan mendirikan Sekolah Alam Kandank Jurank doank di Jurangmangu, Tangerang Selatan. Sekolah yang telah berdiri sejak 2004 silam ini dibangun untuk membantu anak-anak yang kurang mampu agar bisa mengenyam pendidikan yang layak.

Pria yang memiliki nama lengkap Raden Rizki Mulyawan Kertanegara Hayang Denada Kusuma ini mengusung konsep pendidikan yang berbeda dengan sekolah pada umumnya, yakni mengedepankan seni dan kreativitas sesuai minat bakat anak.

2. Dian Sastrowardoyo

Selain cantik dan memiliki akting yang ciamik, aktirs Dian Sastrowardoyo juga memiliki kepedulian terhadap pendidikan khususnya wanita yang sangat tinggi. Bersama sang ibu, Dewi Parwati Setyorini, pemain ‘Ada Apa Dengan Cinta?’ itu mendirikan Yayasan Dian Sastrowardoyo (YDS) sejak 2009 yang fokus pada bidang pendidikan dasar, pemberdayaan perempuan dan budaya Indonesia.

Yayasan tersebut juga rutin memberikan beasiswa bagi perempuan yang berprestasi, berkeinginan kuat untuk belajar dan berjuang namun mempunyai hambatan ekonomi untuk mengenyam pendidikan yang layak.

3. Cinta Laura

Siapa tak kenal penyanyi dan aktris cantik Cinta Laura? Wanita blasteran Jerman dan Indonesia ini ternyata juga memiliki jiwa sosial yang tinggi. Hal tersebut terbukti lewat kepeduliannya terhadap pendidikan dengan mendirikan sekolah bagi anak kurang mampu.

Bersama kedua orang tuanya, pelantun ‘Oh Baby’ ini mendirikan Yayasan Soekarseno Peduli di Bogor. Dari yayasan tersebut telah berdiri Sembilan Sekolah Dasar (SD) dan dua Sekolah Menengah Pertama (SMP). Seluruh siswa yang bersekolah disana dibebaskan dari biaya apapun alias gratis.

4. Wali Band

Selain berkiprah di dunia musik Tanah Air, grup band Wali yang terdiri dari Apoy (gitaris), Faank (vokalis), Ovie (keyboardis) dan Tomie (drummer) juga memiliki kepedulian yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Mereka keempat sepakat mendirikan sekolah yang diberi nama Salami School di Cirendeu, Tangerang Selatan pada akhri 2013 silam.

Sekolah tersebut dibangun untuk memfasilitasi warga sekitar yang tidak mampu dan belum mengenyam pendidikan yang layak. Selain pendidikan, sekolah tersebut juga rutin menggelar pengobatan gratis. Dengan hadirnya sekolah tersebut diharapkan angka pengangguran di sekitar Tangerang Selatan juga dapat berkurang.(oke/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Empat Artis Ini Peduli Terhadap Dunia Pendidikan Tanah Air"