Emas Dunia Melonjak ke Level Tertinggi

emas

CHICAGO (suarakawan.com) – Kontrak emas berjangka di divisi Comex New York Mercantile Exchange menguat lebih dari satu persen pada Selasa waktu setempat (Rabu WIB), karena ketegangan geopolitik antara Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK) dan AS mendorong logam kuning ke penutupan tertinggi hampir setahun.

Kontrak emas paling aktif untuk pengiriman Desember, mengalami kenaikan sebanyak USD14,1 atau 1,06 persen, menjadi menetap di posisi USD1.344,5 per ounce.

Keuntungan kuat untuk apa yang dianggap sebagai investasi aman terjadi setelah pada Minggu, Korea Utara mengumumkan keberhasilan uji cobanya terhadap apa yang diklaimnya sebagai hulu ledak bom hidrogen yang dapat dimuat dalam rudal balistik antar benua (ICBM), seperti yang diumumkan oleh Central Television Korea Utara.

Ini menyusul uji coba Pyongyang minggu lalu pada peluncuran sebuah rudal balistik jarak menengah (IRBM), yang disebut Hwasong-12, di sebelah utara pulau Hokkaido, Jepang utara. Meningkatnya ketegangan di Semenanjung Korea telah memicu para investor menjauhi aset-aset berisiko dan beralih ke aset-aset safe haven seperti emas.

Sedangkan untuk logam mulia lainnya, perak untuk pengiriman Desember naik 12,5 sen atau 0,7 persen, menjadi ditutup pada 17,941 dolar AS per ounce. Platinum untuk penyerahan Oktober tetap tidak berubah di USD1.009,00 per ounce.(mtv/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Emas Dunia Melonjak ke Level Tertinggi"