Eks Karyawan Facebook dan Google Luncurkan Kampanye Melawan Gadget

LOS ANGELES (suarakawan.com) – Eks pegawai Facebook dan Google meluncurkan kampanye melawan kecanduan gadget.

Gerakan bertajuk Truth About Tech itu dikampanyekan oleh Center for Humane Technology, yang didirikan oleh para mantan karyawan dua perusahaan teknologi tersebut. Kampanye ini ditujukan untuk menangkal krisis terkait kecanduan gawai serta menyesuaikan teknologi dengan kebutuhan manusia.

Center for Humane Technology dipimpin oleh eks etika desain Google Tristan Harris dan mantan investor serta penasihat Facebook Roger McNamee. Pendanaan Truth About Tech dilakukan oleh Common Sense, sebuah yayasan non profit yang mempromosikan teknologi dan media yang aman untuk anak-anak.

Kampanye ini mencakup edukasi untuk keluarga dengan fokus pada akibat buruk platform digital dan langkah-langkah untuk menangkal kecanduan produk teknologi, misalnya mematikan notifikasi dan mengubah tingkat kecerahan layar. Para pemrakarsanya juga bakal melobi para pembuat kebijakan untuk mengatur perusahaan teknologi dan mengembangkan standar etika desain untuk menekan risiko kecanduan digital.

“Perusahaan teknologi tengah melakukan eksperimen besar-besaran kepada anak-anak kita dan sekarang tidak ada seorang pun yang meminta mereka bertanggung jawab. Ketika orang tua belajar bagaimana perusahaan-perusahaan itu mengambil keuntungan dari anak-anak kita, mereka akan bergabung meminta industri mengubah kebijakannya dan memperbaiki praktik yang dilakukan,” papar CEO Common Sense James Steyer.

Sebuah studi yang dilakukan psikolog Jean Twenge menemukan bahwa 56% pengguna media digital tingkat berat merasa tidak bahagia, sedangkan 27% lainnya berpeluang besar depresi.

Gerakan ini pun menjadi kritik baru bagi perusahaan teknologi besar. Banyak mantan karyawan Silicon Valley yang melancarkan kritik keras terkait hal yang sama.

“Hanya Tuhan yang tahu bagaimana akibatnya kepada otak anak-anak kita,” ujar mantan petinggi Facebook Sean Parker, pada November 2017.

Dia menambahkan media sosial itu mengetahui bahwa mereka menciptakan sesuatu yang dapat mengekploitasi kerentanan psikologi manusia.(bis/rur)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Eks Karyawan Facebook dan Google Luncurkan Kampanye Melawan Gadget"