Ecoton Usulkan Suaka Ikan

Tidak ada komentar 15 views

Palung, salah satu jenis ikan yang mulai langka di Kali Brantas

SURABAYA (suarakawan.com) – Hasil Inventarisasi Ikan Kali Surabaya (Mlirip Mojokerto Hingga Gunungsari sejauh 39 Km) pada 7-14 Juli 2011 yang dilakukankan oleh ecoton (lembaga Kajian Ekologi dan Konservasi Lahan Basah) menunjukkan telah terjadinya ketidakseimbangan ekosistem.

Dengan menebarkan jaring sebanyak 1500 kali, Ecoton menemukan 350 ekor ikan  dari 12 jenis yaitu Bader putih, Bader Merah, Keting, rengkik, jendil, papar, muraganting, kuthuk, montho, nila, seren dan pembersih kaca (tabel penyebaran ikan terlampir).

“Fakta yang kami temukan dari penelitian ini adalah, bahwa 85% ikan penghuni Kali Surabaya berjenis kelamin betina. Pencemaran limbah domestik telah menyebabkan peningkatan kemungkinan ikan berkelamin betina dibandingkan berkelamin jantan. Kondisi ideal di alam jumlah jantan mestinya lebih banyak dibandingkan betina,” papar Direktor Ecoton Prigi Arisandi, Rabu (03/08).

Kedua, lanjut Prigi, hilangnya 6 Jenis ikan yang ditemukan pada tahun 2009. Sensus ikan  2011 hanya menemukan 12 Jenis ikan padahal pada sensus 2009 tim ecoton dan jasa Tirta I Malang masih Menemukan 18 jenis ikan. Jenis ikan yang sudah tidak ditemukan di Kali Surabaya adalah jenis ikan Sili, Berot, Bloso, Palung, Ramas dan Jambal.

Sedangkan hasil ketiga adalah hilangnya Daerah Perkembangbiakan ikan. Hasil ke empat, Kali Surabaya dipenuhi Popok bayi dan Pembalut Wanita. Memasuki wilayah Kali Surabaya hilir para penebar jaring selalu menemukan/menjaring popok bayi dan pembalut wanita. 15% sampah yang mengapung di Kali Surabaya berupa popok bayi dan pembalut wanita.

“Kelima, Ikan Kali Surabaya kurang Gizi. Dari 350 ikan yang berhasil ditangkap hanya 13 ikan yang bisa dikategorikan sebagai ikan yang sehat, 337 ikan sisanya termasuk dalam kategori ikan gizi buruk,” imbuhnya.

Oleh Karena itu, ecoton mengusulkan dan Mendesak  Gubernur Jawa Timur untuk menetapkan kawasan hulu Kali Surabaya yang meliputi daerah Mlirip Kecamatan Jetis kebupaten Mojokerto hingga Desa Sumengko Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik menjadi kawasan SUAKA IKAN.

“Suaka ikan ini nantinya akan menjadi kawasan lindung bagi perkembangbiakan ikan dan sekaligus pemulihan kualitas air Kali Surabaya,” pungkasnya. (jto/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Ecoton Usulkan Suaka Ikan"