Earth Hour 2011 di Surabaya: Matikan Lampu 1 Jam Saja

SURABAYA – Earth Hour 2011:  Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup!. Itulah slogan baru yang diusung dalam Earth Hour tahun 2011 menggantikan slogan Earth Hour tahun-tahun sebelumnya yang berbunyi “Ubah Dunia Dalam Satu Jam”.

Dengan slogan “Setelah 1 Jam, Jadikan Gaya Hidup” diharapkan Earth Hour tidak sekedar mengajak warga dunia untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik lainnya selama satu jam, namun juga menanamkan perilaku ramah lingkungan.

Ini merupakan kali pertama Surabaya mengikuti kampanye global yang diusung oleh World Wildlife Fund (WWF)  sebuah organisasi konservasi terbesar di dunia. Tahun sebelumnya Earth Hour sudah diikuti oleh kota-kota besar lain di Indonesia seperti Jakarta, Bandung dan Bali.

Koordinator Kampanye Program Iklim dan Energi WWF Indonesia Verena Puspawardani menyebutkan, di Indonesia, Jakarta menjadi target utama Earth Hour. Pasalnya, sebagai ibukota negara, konsumsi energi listrik tanah air terfokus di wilayah ini.

“Sudah seyogyanya kita turut mensukseskan kampanye penghematan energi ini dan diharapkan bisa menjadi momentum untuk perubahan gaya hidup dalam jangka panjang”, ujar Verena.

Sementara itu, Direktur Program Iklim dan Energi WWF Indonesia Fitrian Adriansyah mengatakan, target penghematan listrik se-Jawa-Bali mencapai 500 megawatt. Banyak komunitas masyarakat, pelajar, dan mahasiswa di berbagai kota di Jawa dan Bali antusias turut berpartisipasi dalam acara ini.

Lalu bagaimana caranya jika ingin berpartisipasi dalam Earth Hour ini? Caranya cukup sederhana, yaitu matikan lampu dan semua peralatan elektronik yang menggunakan listrik PLN selama satu jam, mulai pukul 20.20 hingga 21.30 waktu setempat.

Bagi yang berada di Surabaya bisa bergabung dengan acara yang sudah dipersiapkan oleh komunitas pegiat lingkungan di pelataran Grand City mulai pukul 18.00 ini. Beberapa hotel dan gedung tinggi di Surabaya juga sudah menyatakan komitmennya untuk berpartisipasi dalam Earth Hour malam ini. (ara)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "Earth Hour 2011 di Surabaya: Matikan Lampu 1 Jam Saja"