DPRD Minta Pemkot Awasi Gepeng Musiman Jelang Puasa

Baktiono

SURABAYA (suarakawan.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Surabaya meminta kepada pihak Pemkot Surabaya untuk lebih memperketat dan melakukan pengawasan terhadap gerombolan pengemis yang akan datang ke Surabaya menjelang puasa dan lebaran.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Komisi D DPRD Kota Surabaya, Baktiono saat ditemui di DPRD Surabaya, Rabu (27/07).

Dikatakannya, Pemkot Surabaya wajib menertibkan gerombolan pengemis, agar tidak meresahkan warga, khususnya umat Islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. “kami ingin kota Surabaya bebas dari pengemis menjelang puasa, sehingga masyarakat dapat ibadah dengan tenang,” terangnya

Maka itu ia berharap kalau tahun lalu, bos (orang yang menyuplai) para pengemis dan gelendangan sudah ditangkap polisi, maka tahun ini sudah tidak ada lagi.

“Perlu ada koordinasi di antara intansi pemerintahan seperti Satpol PP, Kesbanglinmas, Dinsos dan kepolisian setempat guna mengantisipasi kedatangan para pengemis dan gelandangan tersebut,” tuturnya

Menurutnya, kedatangan mereka biasanya terjadi setiap menjelang bulan Ramadhan hingga Lebaran mendatang. Banyak di antara mereka berasal dari luar Kota Pahlawan.

Selain itu, tempat penampungan milik Pemkot Surabaya yakni Lingkungan Pondok Sosial (Liponsos) Keputih saat ini jumlah penghuninya membengkak, sehingga tidak bisa lagi menampung para pengemis hasil razia petugas keamanan. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Minta Pemkot Awasi Gepeng Musiman Jelang Puasa"