DPRD Kota Surabaya Soroti ‘Pungli’ Pembuatan KTP

2 comments 9 views

Ketua Pansus Kependudukan ( Agus Santoso)

SURABAYA-Masih maraknya pungutan liar sebesar Rp 10.000-Rp 15.000 dalam pembuatan KTP, yang masih banyak dilakukan di tingkat Kelurahan dan Kecamatan di Kota Surabaya, menjadi perhatian serius Panitia Khusus (Pansus) Raperda Kependudukan DPRD Kota Surabaya.

“Saya sudah meminta Kepala Bagian Pemerintahan Saudara Irvan, agar mengawasi dan membenahi unsur-unsur pemerintahaan di bawah, seperti Kelurahan dan Kecamatan, agar menghapus semua biaya tersebut,” tegas Agus Santoso, Ketua Pansus Raperda Kependudukan, Jum’at sore(13/05).

Seharusnya, lanjut Ketua Badan Kehormatan ini, Kelurahan dan Kecamatan sudah tidak boleh memungut biaya dengan apapun alasannya, karena Perda Retribusi sudah dihapus.

Diketahui, Raperda Kependudukan ini akan mengatur tentang prosedur administrasi kependudukan dan besaran tarif pembuatan kelengkapan kependudukan, dalam Raperda ini tarif biaya pembuatan KTP, KSK, dan Akta Kelahiran akan gratis.

“Kami tidak mengesahkan Raperda ini, kalu pengawasan dan pembenahan unsur-unsur dibawah tidak segera direspon,” tegas Agus santoso.(jto/nas)

2 Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Kota Surabaya Soroti ‘Pungli’ Pembuatan KTP"