DPRD Jatim Usulkan Raperda Gizi

Tidak ada komentar 5 views

anak kurang gizi (ilustrasi)

SURABAYA (suarakawan.com) – Guna mendukung perbaikan dan membebaskan gizi buruk pada anak di Jawa Timur, DPRD Provinsi Jatim akan membuat Peraturan Daerah (raperda) tentang gizi.

“Kami ingin masalah tentang kekurang Gizi di Jatim tidak ada lagi menghambat pencapaian tujuan pembangunan dalam hal penanggulangan kemiskinan. karena tujuan pembangunan beserta target yang ditetapkan di bidang perbaikan gizi memerlukan keterlibatan seluruh sektor terkait,” ujar Anggota Komisi E DPRD Jatim, Riyad Rosyadi, saat ditemui di DPRD Jatim, Rabu (20/07).

Dikatakannya tujuan peraturan daerah perbaikan gizi ini, utamanya adalah meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, dan peningkatan akses dan mutu pelayanan gizi sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi.

Dia menjelaskan, materi muatan pada perda ini ada beberapa hal di antaranya. Pertama, asas-asas, sasaran dan upaya perbaikan gizi. Kedua, pengaturan tentang kejadian luar biasa dan surveilans gizi. Ketiga, penanggulangan masalah gizi dalam keadaan darurat. Keempat, tenaga gizi dan pendidikan gizi. Kelima, pengawasan mutu makanan dan laboratorium gizi. Keenam, upaya perbaikan gizi makro serta mikro institusi dan klinik.

“Maka itu kami akan mendesak perlu dibuat payung untuk mengatasi persoalan gizi yang berimplikasi pada indeks pembangunan manusia tersebut dalam peraturan daerah Provinsi Jatim tentang perbaikan gizi,” tuturnya. (aca/nas)

Tidak ada Respon

Tinggalkan pesan "DPRD Jatim Usulkan Raperda Gizi"